Timnas Basket Indonesia Kalah Telak di Kualifikasi Piala Dunia

Pemain timnas basket Indonesia, Brandon Jawato saat berhadapan dengan Lebanon.
Sumber :
  • fiba.basketball

VIVA – Kekalahan telak menandai debut Timnas basket Indonesia dalam kualifikasi Piala Dunia FIBA 2023 zona Asia saat takluk dengan skor 38-96 melawan tuan rumah Lebanon di Gelanggang Olahraga Nouhad Nawfal, Zouk Mikael, Jumat waktu setempat (Sabtu dini hari WIB).

PPP Ajukan Gugatan Pada 18 Provinsi ke MK Karena Merasa Suara Hilang di Pemilu 2024

Anak-anak asuh Rajko Toroman kesulitan membangun serangan yang efisien dan sepanjang laga hanya mampu mengkonversi 18,57 persen dan percobaan terbuka mereka.

Brandon Jawato menjadi pencetak angka terbanyak Indonesia dengan 13 poin dan delapan rebound diikuti Abrahan Damar Grahita yang mengemas 11 poin.

Tidak Batasi Siapa yang Ingin Bertemu, PPP: Apalagi Prabowo dan Partai Gerindra

Namun, rendahnya akurasi tembakan Indonesia begitu kentara, bahkan empat pemain yang melantai sama sekali tak menyumbangkan poin.

Pertandingan Timnas Basket Indonesia vs Filipina

Photo :
  • ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
KPU Sudah Sahkan Rekapitulasi Pemilu 2024 di 34 Provinsi, Prabowo-Gibran Unggul di 32 Provinsi

Hal terbalik diperlihatkan tuan rumah yang tampil begitu percaya diri sejak memimpin jauh 48-22 saat menutup kuarter kedua.

Di antara 12 pemain mereka yang melantai hanya dua saja yang gagal menyumbangkan poin, sementara Sergio El Darwich memimpin dengan 17 poin, diikuti talenta muda berusia 18 tahun Yousef Khayat yang mengemas 12 poin meskipun hanya bermain 13 menit 31 detik.

Indonesia kesulitan mengimbangi permainan Lebanon di tengah absennya pemain naturalisasi Lester Prosper serta sosok kawakan Arki Dikania Wisnu.

Indonesia akan kembali menghadapi Lebanon di pertandingan kedua Grup C di tempat yang sama pada Senin (29/11) nanti. (Ant)

Tidak Langsung Lolos
Indonesia sebenarnya berstatus sebagai tuan rumah Piala Dunia Basket 2023, bersama dengan Filipina dan Jepang. Namun, Indonesia tak langsung lolos seperti dua tuan rumah lainnya.

FIBA mewajibkan Indonesia setidaknya finis sebagai delapan besar saat tampil di Piala Asia Basket 2021. Jika syarat ini terwujud, Indonesia dipastikan merebut tiket langsung ke Piala Dunia.

Jika terjadi sebaliknya, maka hasil dari kualifikasi akan dilihat. Indonesia tergabung di Grup C zona Asia-Oseania bersama Lebanon, Yordania dan Arab Saudi. Tiga tim teratas akan lolos ke putaran kedua.

Di putaran kedua nanti, ada 12 tim berpartisipasi yang dibagi dalam dua grup. Empat tim teratas masing-masing grup atau total 8 tim akan lolos ke Piala Dunia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya