Lewati Tantangan 42 KM, Ini Peraih Podium Borobudur Marathon 2021

Borobudur Marathon 2021
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Agus Prayogo dan Odekta Naibaho berhasil merengkuh gelar sebagai male winner dan female winner dalam Borobudur Marathon Elite Race 2021 dengan masing-masing mencatat waktu, 02:32:21 dan 03:02:48. Gelar sebagai pemenang tersebut diterima setelah berlari melalui tantangan jalur 42 KM seraya melewati keindahan landskap Candi Borobudur dari kawasan Taman Lumbini.

BRIN Diminta Koordinasi dengan Kemendikbud soal Pemasangan Catra Borobudur

Mereka merupakan bagian dari 42 atlet nasional yang berlari pada offline race di Elite Race Borobudur Marathon 2021 Powered by Bank Jateng. Peserta Elite Race sendiri sudah melewati proses seleksi dari Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) dengan standar protokol kesehatan yang ketat sebelum akhirnya terpilih dan mengikuti marathon.

Borobudur Marathon 2021

Photo :
  • Istimewa
Ministry of Religious Affairs Launches 360-degree Virtual Tour of Borobudur Temple

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengungkapkan rasa bangganya dalam menyambut para atlet nasional dalam Borobudur Marathon Elite Race 2021. Menurut Ganjar, kegiatan ini menantang karena digelar di tengah Pandemi COVID-19.

“Tentunya kegiatan Borobudur Marathon tahun ini menantang karena pelaksanaannya masih di tengah pandemi. Namun kami sadari bahwa momen Borobudur Marathon juga menjadi momen untuk memajukan sport tourism di Indonesia sehingga penyelenggaraannya juga harus profesional," ujar Ganjar, Sabtu 27 November 2021.

Dev-X Kemenag Jadi Sorotan Dibanjiri Pengunjung, Bisa Jelajah Virtual Borobudur

"Di tahun ini penyelenggaraan juga tentunya lebih baik mengingat kami mampu beradaptasi dengan kebiasaan baru dan di tahun ke depan saya yakin pelaksanaannya bisa terus lebih baik. Sekali lagi saya ucapkan selamat kepada para pemenang dan terima kasih kepada seluruh atlet nasional yang berpartisipasi,” tambah Ganjar. 

Para pemenang juga mengakui tantangan utama adalah kondisi dimana semua pelari wajib menjaga kesehatan ekstra serta staminanya untuk tetap bisa berlari secara maksimal di tahun ini.

“Meskipun demikian, kami merasa sangat senang dan penuh semangat mengikuti Borobudur Marathon tahun ini karena akhirnya kita semua bisa datang dari berbagai daerah ke Magelang untuk mengikuti offline race yang menyatukan kami semua para pelari,” ucap Agus Prayogo, Podium 1 Men’s Category Borobudur Marathon 2021 Powered by Jateng Elite Race.

Lebih jauh, Direktur Utama Bank Jateng Supriyatno mengatakan pihaknya, yang kembali menjadi sponsor utama penyelenggaraan Borobudur Marathon tahun ini, juga ikut semangat melihat antusiasme para pelari. Mereka berasal dari berbagai daerah di Indonesia untuk hadir ke Magelang menyatukan energi bersama melalui perhelatan Borobudur Marathon tahun ini. 

“Di tahun ke-2 penyelenggaraan Elite Race ini, kami merasa sangat gembira untuk kembali terlibat dan mendukung para atlet nasional dengan mempersatukannya di kota Magelang. Kami berharap untuk kegiatan marathon yang masih akan berlangsung hingga tanggal 28 November 2021 akan terus berlangsung penuh energi,” tambah Supriyatno. 

Mengingat ini juga menjadi kegiatan offline race pada Borobudur Marathon tahun ini, penyelenggara pun turut mengaplikasikan protokol kesehatan yang begitu ketat untuk menjaga kenyamanan dan keamanan bersama. Pada elite race sendiri, kondisi kesehatan para pelari dipantau oleh medical director Borobudur Marathon dua minggu sebelum kedatangannya di Magelang. Selain itu, pengisian kuesioner untuk memantau kesehatan juga wajib dilakukan peserta setiap harinya.

Pada Elite Race, pihak Borobudur Marathon juga telah menyiapkan hadiah berupa uang tunai untuk para pemenang sebagai bentuk apresiasi atas semangat dan usaha mereka untuk memenangkan race tahun ini. “Total hadiah uang tunai senilai Rp275 juta kami berikan kepada para pemenang dari men’s category dan women’s category. Kami ucapkan selamat sekaligus terima kasih atas jerih payah dan keterlibatan para atlet di Borobudur Marathon 2021 Powered by Bank Jateng,” jelas Budiman Tanuredjo, mewakili pihak penyelenggara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya