Ketum KONI Marciano Norman: Judo Indonesia Wajib Prestasi!

Ketua KONI Marciano Norman bersama Ketua Umum PB PJSI di markas Judo Indonesia
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ridsha Vimanda Nasution

VIVA – Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), Marciano Norman menekankan bahwa judo Indonesia akan semakin berprestasi dibawah pimpinan Mayor Jenderal TNI Maruli Simanjuntak. Itu karena menjadi salah satu prioritas Maruli sebagai Ketua Umum PB PJSI.

17 Atlet Indonesia Pastikan Tiket ke Olimpiade 2024, Berikut Daftarnya

Usai pelantikan PB PJSI masa bakti 2021-2026, di Lembah Pinus Ciloto, Puncak, Jawa Barat, Selasa 30 November 2021, Marciano menyampaikan bahwa judo jadi salah satu cabang olahraga yang sangat penting. Selama ini, kata dia, judo selalu mengharumkan nama Merah Putih di ASEAN. 

Ya, judo Indonesia memang bersaing di tingkat Asia Tenggara. Di SEA Games Filipina 2019, Merah Putih mengoleksi empat emas, dua perak, empat perunggu. Raihan itu berada di urutan kedua, dibawah Thailand yang mengoleksi total 12 medali.

Estafet Obor Olimpiade Paris 2024 Dimulai! Dinyalakan dari Tempat Kelahiran di Yunani

Di SEA Games Malaysia 2017, judo Indonesia menduduki peringkat satu dengan raihan dua emas, satu perak, satu perunggu. Itulah bukti prestasi judo Indonesia berbicara banyak di Asia Tenggara.

Pengurus Besar Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PJSI) 2021-2026 resmi dilantik

Photo :
  • VIVA.co.id/Ridsha Vimanda Nasution
Apriyani/Fadia dan Gregoria Mariska Lolos, 6 Pebulutangkis Indonesia Tembus Olimpiade 2024

Namun, Marciano meminta judo Indonesia bisa berprestasi lebih dari itu, yakni di level Olimpiade. Minimal Merah Putih bisa lolos kualifikasi Olimpiade Paris 2024. Hal itu juga diamanatkan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora RI) Zainudin Amali.

"Seperti dicanangkan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yang disampaikan Menpora pada saatnya nanti atlet judo Indonesia juga akan ikut Olimpiade dan mendapatkan prestasi yang bagus," jelas Marciano kepada awak media, di lokasi. 

Maka itu, Marciano mengharapkan, dibawah kepemimpinan Jenderal Maruli, judo Indonesia akan semakin berprestasi. Dia meminta bahwa pengurus provinsi juga semakin aktif dalam membina atlet-atletnya dan mencari bibit atlet baru dengan standardisasi pelatih. 

"Mulai tingkat provinsi kabupaten/kota sampai ke nasional. Menjadi salah satu prioritas pak Maruli sebagai Ketua Umum PB PJSI yang baru. Sukses judo Indonesia," ungkap Marciano.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya