Sosialisasikan DBON, Kemenpora: Jadi Pedoman Olahraga Nasional

Deputi IV Kemenpora, Chandra Bakti
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) terus melakukan sosialisasi tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). Pasalnya, rancangan ini berpotensi menjadi titik balik prestasi olahraga nasional.

Kalahkan Australia, Timnas Indonesia U-23 Didominasi Alumnus PPLP dan SKO Kemenpora

Tak hanya pada para pelaku olahraga, sosialisasi DBON juga menyasar kalangan media massa. Untuk itu, Kemenpora bekerja sama dengan Siwo PWI menggelar Webinar Nasional Hybird Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) 2021, dalam acara yang bertajuk ‘Peran Siwo PWI Mendukung Sukses DBON Menuju Indonesia Emas 2045’, Selasa 30 November 2021, di Grand Inna Sanur, Bali.

Deputi IV Kemenpora, Chandra Bakti

Photo :
  • Istimewa
Sudah Video Call, Penyerang Label Eropa Bakal Perkuat Timnas Indonesia?

Tiga pembicara dihadirkan pada hari pertama, yakni Gubernur Bali Wayan Koster diwakili oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Provinsi Bali, I Gede Indra Dewa Putra. Sementara Kemenpora diwakili oleh Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Chandra Bhakti dan Staf Khusus Bidang Pengembangan dan Prestasi Olahraga Mahfudin Nigara.

Chandra menyebutkan kalau DBON ini muncul berdasarkan arahan Presiden Joko Widodo pada Haornas 2020. Kemenpora pun bergerak cepat dengan mengumpulkan semua stakeholder olahraga nasional untuk merumuskan DBON.

Meski Sudah Malam, Maarten Paes Hadiri Rapat Kerja Komisi X DPR Pakai Baju Kerah Timnas Indonesia

“DBON bukan milik Kemenpora, tapi milik seluruh rakyat Indonesia. Ketika kami menyusun DBON, kami melibatkan semua stakeholder olahraga di pusat dan daerah. Kami juga melibatkan kementerian-kementerian terkait,” tutur Chandra.

Meski dalam penyusunannya melibatkan banyak pihak, namun tentunya hasil maksimal dari DBON ini tidak bisa didapat secara instan dan cepat. 

“Pada Olimpade Brisbane 2032 baru bisa diukur apakah pembinaan berdasar DBON yang kita lakukan ini sudah benar atau belum,” kata Chandra.

Chandra menambahkan, DBON berfungsi untuk memberikan pedoman bagi pemerintah pusat, pemerintah daerah, organisasi olahraga, induk organisasi cabang olahraga, dunia usaha dan industri, akademisi, media, dan masyarakat dalam penyelenggaraan keolahragaan nasional di masa depan.

“Dengan demikian, pembangunan keolahragaan nasional dapat berjalan secara efektif, efisien, unggul, terukur, akuntabel, sistematis, dan berkelanjutan,” ucap Chandra.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya