4 Tips Jitu Supaya Menjadi Master Speed Chess di MPL

Game Master Speed Chess di platform MPL.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Permainan catur yang diyakini berasal dari India sejak abad keenam, hingga kini terus menjadi salah satu permainan terpopuler di dunia dan dimainkan jutaan orang di berbagai negara. Permainan ini juga dikenal luas oleh masyarakat Indonesia.

Legenda Catur Dunia Garry Kasparov Masuk Daftar Teroris Rusia

Mobile game catur khususnya, semakin disukai oleh gamer di Indonesia, begitu pula game Speed Chess yang ada di platform Mobile Premier League (MPL).

Terbukti, turnamen Speed Chess yang digelar MPL di Piala Presiden Esports (PPE) 2021 berhasil menarik lebih dari 40.000 peserta dari beragam usia, profesi, dan daerah asal.

Profil Ashwath Kaushik, Bocah 8 Tahun yang Kalahkan Grandmaster Catur

Pencapaian ini ini mengukuhkan turnamen Speed Chess MPL sebagai turnamen terbesar di Indonesia dari segi jumlah peserta, selain dari segi jumlah hadiah yang mencapai Rp200 juta.

Akhir pencarian Master Speed Chess MPL di ajang PPE 2021 sudah semakin dekat dengan lolosnya 4 pemain dari babak kualifikasi semifinal yang digelar pada akhir November 2021 kemarin.

Momen Anies Main Catur Lawan Warga: Menang, Skak Mat dengan Kuda Hitam

Dua Grandmaster catur Indonesia, Susanto Megaranto dan Chelsie Monica, turut berpartisipasi di babak tersebut sebagai caster. 

Selain mengomentari jalannya pertandinga, mereka turut berbagi empat tips bagi pemain catur pemula yang ingin meningkatkan kemampuan berstrategi dan berpikir cepat sehingga bisa mengikuti jejak mereka menjadi pecatur profesional.

1. Berlatih

Seperti halnya atlet olahraga pada umumnya, pemain catur harus juga rajin berlatih agar kemampuannya terus terasah dan meningkat.

Namun, mereka tidak boleh sembarangan berlatih, karena tentunya cara latihannya harus disesuaikan dengan tipe game yang dimainkan.

"Catur online berbeda dengan catur biasa karena faktor teknisnya lebih banyak. Kalau mau jadi Master Speed Chess, ya harus sering bermain Speed Chess dan bertandingan di turnamen yang tersedia setiap harinya di platform MPL," ujar Chelsie.

"Terutama untuk membiasakan tangan kita supaya tidak kaku ketika memindahkan pion catur dilayar ponsel. Karena, kalah tangan kita tidak sigap, jadi makan waktu, sedangkan durasi game sangat singkat dan kita harus memikirkan langkah selanjutnya dengan cepat," sambungnya.

"Semakin sering bermain game Speed Chess di platform MPL, semakin sering kita melatih berpikir dan berstrategi dengan cepat," tambah Susanto.

"Ini artinya bukan kemampuan kita bermain catur online saja yang meningkat, tapi juga ketangkasan kita bertandingan catur secara offline," jelasnya.

2. Cari Lawan yang Lebih Kuat

Rutin berlatih memang sangat penting. Namun, yang lebih penting adalah bertanding melawan yang lebih tinggi kemampuannya sehingga dapat belajar dari kekalahan dan memafaatkannya untuk meningkatkan kekurangan yang dimiliki.

"Semakin berat lawan kita, semakin banyak kita belajar untuk meningkatkan skill. Nah, salah satu keuntungan terbesar bermain catur secara online adalah kita dapat bertemu lebih banyak lawan, termasuk mereka yangf kemampuannya jauh lebih kuat daripada kita," ujar Susanto.

"Semakin tinggi level kita, semakin berat lawan yang dihadapi. Kalau bermain catur biasa, tantangan seperti ini sulit untuk kita dapatkan," tegasnya.

"Enaknya lagi, meski bertemu lawan yang jauh lebih berat ketika main catur online, kita tidak terpengaruh secara mental seperti halnya kalau tatap muka. Jadi, kita bisa main seperti biasa saja dan lebih bisa fokus," tutur Susanto.

3. Siapkan Strategi

Dalam permainan catur cepat seperti Speed Chess, merencanakan strategi pembukaan yang jitu menjadi sangat penting agar bisa mematikan kemenangan di akhir game.

"Mengingat durasi Speed Chess hanya beberapa menit, jangan habiskan banyak waktu di pembukaan catur. Persiapkan pembukaan sebaik mungkin, apalagi kalau kita sudah tahu lawan kita siapa," kata Chelsie.

"Jika tidak tahu lawan yang dihadapi, tetap fokus pada pembukaan kita sehingga kita dapat menentukan pertahanan yang solid dalam menghadapi lawan," ucapnya.

4. Jaga Stamina

Kendati bukan merupakan cabang olahraga yang mengandalkan fisik, pemain catur tetap juga harus menjaga stamina untuk mendukung kemampuan mereka berpikir dengan cepat dan tajam saat bertanding.

"Catur memang tidak seperti cabang olahraga umumnya. Namun, untuk memiliki konsentrasi yang baik, kita tetap perlu memelihara kondisi fisik tubuh kita," ujar Chelsie.

"Saya biasanya menjaga stamina dengan berolahraga ringan seperti renang dan jalan santai. Lalu, istirahat cukup juga sangat penting supaya kita tetap fokus, tidak mengantuk, atau salah langkah saat berkompetisi secara online," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya