Daftar 5 Tokoh yang Terima Satya Lancana Dharma Olahraga

Menpora Amali saat memberikan penghargaan atlet berprestasi
Sumber :
  • Kemenpora

VIVA – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali memberikan penghargaan Satya Lancana Dharma Olahraga kepada olahragawan yang berprestasi di Olimpiade dan event internasional. 

Rekam Jejak Indonesia di Piala Thomas dan Uber

Adapun olahragawan yang mendapat anugerah Satyalancana Dharma Olahraga antara lain, Tri Kusharjanto (BuluTangkis), Sonny Dwi Kuncoro (Bulu Tangkis), Eng Hian (Bulu Tangkis), Ni Nengah Widiasih (Angkat Berat) dan Coni Ruswanta (Pelatih Angkat Berat). 

Selain itu, Menpora juga memberikan apresiasi berupa bonus kepada atlet peraih juara di ajang Asian Youth Games (NPC), Kejuaraan Dunia Angkat Besi, dan peraih Piala Thomas Cup.

Mengulik Sejarah Rudy Hartono, Sang Raja Tunggal Putra All England

Indonesia juara Piala Thomas 2020

Photo :
  • Situs resmi BWF

Apresiasi berupa bonus ini diterima langsung oleh pimpinan cabang olahraga masing-masing diantaranya Sekjen NPC Indonesia, Ukun Rukaendi, Sekjen PABSI, Djoko Pramono, dan Ketua PBSI Agung Firman Sampurna. 

Faktor Utama Kegagalan Tim Putra di Piala Thomas dan SEA Games

Dalam sambutannya, Menpora Amali mengaku bersyukur di penghujung tahun 2021 ini dapat menyerahkan penghargaan Satya Lancana Dharma Olahraga dan apresiasi kepada para atlet yang meraih prestasi kejuraaan internasional. 

"Tidak cukup hanya kita membina saja, tidak cukup hanya memacu prestasi atlet tanpa apresiasi dan penghargaan. Itulah sebabnya bapak presiden melalui kami menyampaikan ucapan selamat kepada para penerima penghargaan baik penerima Satya Lancana Dharma Olahraga dan penerima apresiasi  dari prestasi kejuaraan dunia," ujar Menpora Amali dalam sambutannya. 

Dalam kesempatan ini, Menpora Amali menyanpaikan salam hangat dari Presiden Joko Widodo kepada para atlet, pimpinan cabang olahraga. Menurut Menpora Amali, Presiden meminta agar semua stakeholder terus meningkatkan prestasi. 

"Tentu kita semua diminta terus meningkatkan prestasi, menjaga konsistensi," jelansya. 

Terlebih saat ini, telah ada Peraturan Presiden nomor 86 tahun 2021 tebtang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) dan memuat target utama prestasi Olimpiade dan Paralimpiade. 

"Olimpiade dan Paralimpiade yang kita jadikan ukuran prestasi, disamping kejuaraan single event maupun multi event dibawahnya ASEAN Games dan SEA Games sebagai sasaran antara, dalam DBON targetnya jelas bahwa 100 tahun Indonesia merdeka tepatnya Olimpiade 2044 kita mentargetkan posisi Indonesia pada peringkat 5 besar dunia," harapnya. 

Menpora Amali meyakini hal tersebut dapat dicapai apabila semua  stakeholder mulai dari KONI, KOI, NPC dan pimpinan cabang olahraga bekerja bersama,  sistematis dan berkelanjutan itu. 

Menpora pun mengucapkan selamat kepada para penerima penghargaan dan berprestasi. Dia berharap mereka dapat meningkatkan prestasinya baik anggaran menjadi pelatih maupun yang masih menajdi atlet. 

Menteri Pemuda dan Olahraga Indonesia, Zainudin Amali

Photo :
  • Kemenpora

"Saya menyampaikan selamat kepada para penerima Satya Lencana Dharma Olahraga. Mudah-mudahan dapat menunjukan prestasi," harapnya. 

Hadir dalam acara ini Ketua Umum KONI Pusat, Marciano Norman, Sekjen NPC Indonesia, Ukun Rukaendi, Sekjen PABSI, Djoko Pramono, dan Ketua PBSI Agung Firman Sampurna dan para penerima penghargaan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya