Kaleidoskop 2021: AS Penguasa Olimpiade, Merah Putih Dilarang Berkibar

Indonesia juara Piala Thomas 2020
Indonesia juara Piala Thomas 2020
Sumber :
  • Instagram: badminton.ina

VIVA – Tahun 2021 menjadi pembuktian dari Amerika Serikat bahwa mereka adalah penguasa di bidang olahraga. Dalam ajang olahraga internasional empat tahunan, yakni Olimpiade Tokyo 2020, AS mengukuhkan diri sebagai juara umum.

Atlet-atlet dari Negeri Paman Sam berhasil menyabet medali terbanyak, yakni 39 emas, 41 perak, dan 33 perunggu. China berada di peringkat kedua dengan perolehan 38 emas, 32 perak, dan 18 perunggu. 

China awalnya ada di urutan puncak. Tapi, pada hari terakhir penyelenggaraan Olimpiade Tokyo 2020, Amerika Serikat melesat. Mereka menambah tiga medali emas. 

Tuan rumah Jepang berada di peringkat ketiga. Total ada 27 medali emas, 14 perak, dan 17 perunggu yang didapatkan oleh para atletnya. Disusul oleh Britania Raya yang menempati peringkat keempat. 22 medali emas, 21 perak, dan 22 perunggu jadi catatannya.

Adapun Indonesia menempati peringkat ke-55 pada gelaran kali ini. Satu medali emas, satu perak, dan tiga perunggu yang dipersembahkan wakil Tanah Air. 

Negara Asia Tenggara yang menempat ranking lebih baik dari Indonesia adalah Filipina. Mereka ada di urutan 50 dengan raihan satu medali emas, satu perak, dan satu perunggu.

Di tahun 2021 juga menjadi ajang pembuktian bagi Indonesia mampu menyelenggarakan kegiatan besar di tengah pandemi COVID-19. Di tahun ini, Indonesia sukses menggelar Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 di Papua.

Keberhasilan PON XX juga dapat menjadi modal bagi Indonesia untuk penyelenggaraan kegiatan besar lainnya seperti Superbike Mandalika dan lainnya.

Namun, di akhir tahun, Indonesia mendapatkan kabar buruk. Atlet Indonesia yang juara tak bisa mengibarkan bendera Merah Putih. Hal itu lantaran Indonesia dijatuhi sanksi karena tidak memenuhi standar Badan Anti-Doping Internasional (WADA).

Lalu, apa saja yang terjadi di kancah olaharaga internasional dan nasional selama 2021 yang menjadi sorotan. Berikut ulasannya: