Merah Putih Siap Berkibar, Indonesia Bisa Bebas Sanksi WADA Februari

Menpora Zainudin Amali
Menpora Zainudin Amali
Sumber :
  • Tangkapan layar

VIVA – Kabar gembira datang untuk olahraga Indonesia, World Anti-Doping Agency (WADA) bakal menyabut sanksi terhadap Indonesia pada awal Februari 2022 mendatang. Dengan begitu bendera merah-putih bisa kembali berkibar di event-event internasional. 

Sebelumnya WADA menjatuhkan sanksi kepada Indonesia dan Lembaga Anti Doping Indonesia (LADI) selama satu tahun untuk mematuhi aturan tata laksana anti doping di Indonesia. 

Tapi Indonesia tak perlu waktu satu tahun (Oktober 2022) untuk mencabut sanksi tersebut. Tim Satuan Tugas yang dibentuk oleh Kemenpora yang diketuai oleh Raja Sapta Oktohari sudah mempercepat proses penyelesaian sanksi dalam waktu empat bulan saja. 

Presiden NOC Indonesia (KOI), Raja Sapta Oktohari

Presiden NOC Indonesia (KOI), Raja Sapta Oktohari

Photo :
  • NOC Indonesia

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali menyampaikan apresiasi sehingga bendera merah putih bisa kembali berkibar dalam waktu dekat. 

“Saya atas nama pemerintah menyampaikan terimakasih kepada tim, Pak Oktohari khususnya, pada teman-teman LADI dan pada semua pihak yang mempercepat bagaimana yang tadinya sanksi satu tahun, menjadi sekitar empat bulan,” ujar Menpora Amali dalam konferensi pers di Media Center Kemenpora, Senin (17/1).

Menurut Menpora Amali, tim Satgas dan LADI telah bekerja dengan cepat baik dari sisi komunikasi, administrasi maupun teknis sehingga apa yang diminta oleh WADA bisa terpenuhi.