Banyak Wajah Baru dalam Seleksi Timnas Polo Air Indonesia

Seleksi Timnas Polo Air Indonesia
Sumber :
  • VIVA/Riki Ilham Rafles

VIVA – Timnas Polo Air Indonesia putra sedang menjalani seleksi di Stadion Akuatik Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. Dimulai sejak Kamis 20 Januari 2022, kegiatan ini akan berlangsung selama tiga hari.

Akuatik Indonesia Resmi Ganti Nama Jadi Federasi Akuatik Indonesia

Komite Teknik Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PB PRSI), Dean Baldwin mengatakan, mayoritas pemain yang turut dalam seleksi adalah usia muda.

Mereka sudah dalam pantauan pelatih Milos Sakovic sejak beberapa tahun lalu. Ada sekira 70 persen dari para peserta seleksi yang merupakan nama baru.

Millennium Aquatic Jakarta Juara 8 Kali Kejurnas IOAC 2023

"Atlet yang ada sekarang sebenarnya ada dalam pantauan coach Milos sejak 2017. Bisa dibilang, materi sekarang yang ikut seleksi, sekira 70 persen diisi wajah baru," kata Dean.

Dengan komposisi ini, kemungkinan besar skuad Timnas Polo Air Indonesia putra akan diisi oleh banyak pemain junior. Tapi, Dean belum bisa memastikan komposisi tepatnya.

Indonesia Lolos Final Renang Estafet Campuran Asian Games 2023

Karena hasil dari seleksi ini akan dikirim lebih dulu kepada Milos yang belum tiba di Indonesia. Baru setelah itu sang juru taktik akan menentukan siapa saja yang masuk dalam skuad.

Seleksi Timnas Polo Air Indonesia

Photo :
  • VIVA/Riki Ilham Rafles

"Untuk komposisi senior dan junior, belum bisa kita jawab sekarang. Karena kerangka tim kita kasih hak kepada coach Milos. Kita akan pertahankan metode kerja seperti ini, di mana ada batasan antara tugas pengurus dan pelatih," tuturnya.

Total ada 49 atlet yang turut serta pada seleksi nasional kali ini. Mereka berasal dari sembilan provinsi, yakni Sumatera Selatan, Jambi, DKI Jakarta, Jawa Barat, Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, dan Papua.

Skuad Timnas Polo Air Indonesia ini ditargetkan terbentuk pada akhir Januari 2022 dengan kekuatan 26 pemain. Karena dalam proyeksi PB PRSI, tim akan diboyong ke luar negeri untuk menjalani pemusatan latihan lanjutan.

Timnas Polo Air Indonesia putra mendapatkan hasil terbaik pada ajang SEA Games 2019 Filipina. Mereka berhasil menggondol medali emas.

Sayangnya, pada SEA Games 2021 Vietnam, polo air tidak dipertandingkan. Sehingga seleksi nasional kali ini ditujukan untuk keikutsertaan pada Asian Games 2022 Hangzhou.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya