Perbasi Gelar Turnamen Basket 3x3 Remaja, Jaring Bibit buat Timnas

Perbasi gelar turnamen basket 3x3
Sumber :
  • Perbasi

VIVA – Setelah melihat kesuksesan gelaran Indonesian Basketball League (IBL) 2022, PP Perbasi melanjutkan perannya untuk mengembangkan bola basket di Indonesia dengan menghelat turnamen basket 3x3 yang bertajuk Livin' by Mandiri Indonesia 3x3 Tournament 2022.

Jakarta Tuan Rumah Liga Champions Asia Basket 2024

Induk federasi basket Tanah Air itu menggandeng Supersport Sensation International (SSS International) sebagai Organizing Committee.

Kegiatan ini akan dihelat di GOR Soemantri Brodjonegoro, Kuningan, Jakarta, mulai 19-23 Februari 2022. Turnamen ini akan dikhususkan kepada peserta yang masih pelajar dan U-23.

Harapan Perbasi kepada Pelita Jaya dan Prawira Bandung yang Mentas di Liga Champions Asia Basket

"Awalnya akan melakukan city selection, sekaligus membuka empat kategori pertandingan, U-23 (klub) putra dan putri, serta High School (SMA) putra dan putri," ujar Direktur SSS Azwan Karim dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis 20 Januari 2022.

"Tahapan selanjutnya adalah city final, kemudian province final. Demi mencapai jangkauan yang luas, SSS International berencana menggelar turnamen secara serempak di empat provinsi, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur," lanjutnya.

6 Pemain Bima Perkasa Jogja Masuk Nominasi IBL All Star 2024

Perbasi gelar turnamen basket 3x3

Photo :
  • Perbasi

Kompetisi ini diadakan sebagai upaya menjaring bakat-bakat baru dari cabang basket 3x3. Pasalnya, ke depan akan ada SEA Games Vietnam 2022, Asian Games 2022, dan Kejuaraan Dunia.

Maka itu, Ketum PP Perbasi, Danny Kosasih, pun menaruh harapan yang tinggi pada turnamen ini agar memunculkan banyak pemain untuk diseleksi menjadi Timnas Basket 3x3 baik putra maupun putri.

"Kami sangat menyambut baik kegiatan ini. Melalui 3x3 akan terlihat anak-anak muda yang cinta bola basket untuk 3x3. Saat ini kami sedang membutuhkan pemain yang konsentrasi di 3x3," kata Danny yang menyambut baik event resmi 3x3 pertama Perbasi di 2022.

"Ke depan, Perbasi akan bentuk tim 3x3 junior sampai usia 23. Sebanyak 8 pemain putra dan 8 putri putri untuk masing-masing. Supaya tidak ganti-ganti orangnya. Jadi nanti bisa fokus. Sebagai bentuk total dukungan kami, nanti juara dari turnamen ini akan kami kirim ke kejuaraan dunia," tambah dia.

Vice Presiden Corporate Secretary Bank Mandiri Diwangkoro Ratam menyambut baik event yang menekankan pada youth development. Dukungan atas kegiatan ini semakin menunjukkan totalitas Bank Mandiri dalam mendukung ekosistem bola basket dalam negeri.

"Kita dukung timnas, IBL, FIBA Asia Cup hingga FIBA World Cup 2023. Tapi kita juga melihat bagaimana youth development yang nanti akan dipantau untuk masuk timnas. Kita punya tanggung jawab bersama Perbasi meningkatkan prestasi Indonesia di bola basket," ujar Diwangkoro.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya