Mantan Lifter Nasional Natalis Apay Meninggal Dunia

Mantan lifter nasional Natalis Apay tutup usia.
Mantan lifter nasional Natalis Apay tutup usia.
Sumber :
  • ANTARA/Nanang Mairiadi

VIVA – Dunia olahraga Jambi berduka, mantan atlet angkat berat (lifter) nasional Natalis Apay yang terakhir mengabdikan dirinya sebagai pelatih Jambi tutup usia pada usia 58 tahun dan almarhum akan dimakamkan di tanah kelahirannya Timika, Papua.

Gubernur Jambi Al Haris melalui Staf Ahli Setda Provinsi Jambi Ariansyah kepada media di Hall PABBSI Jambi, Rabu, tempat disemayamkannya almarhum Natalis Apay, Rabu mengatakan, kabar duka Natalis Apay merupakan salah satu Aparatur Sipil Negara (ASN) terbaik atas prestasi olahraga yang dibinanya meninggal dunia pada Selasa malam di RS Mitra karena sakit sesak nafas.

"Kita ketahui almarhum pada waktu mudanya mengabdikan diri sebagai atlet dan pelatih serta juga sebagai ASN di Jambi, banyak prestasi yang telah diukirnya, baik dari kejuaraan nasional maupun Internasional atas nama Provinsi Jambi," kata Ariansyah.

Banyak penghargaan yang diraih Natalis Apay untuk Jambi dan untuk membalas jasa Natalis, Pemerintah Provinsi Jambi  membantu memulangkan almarhum ke kampung halamannya, di Papua pada Kamis besok menggunakan penerbangan pukul 18.40 WIB dari Jambi menuju Papua.

"Sekarang seluruh dokumen sedang diurus, besok baru jenazah diberangkatkan menggunakan jalur udara, nanti malam ada juga acara kerohanian di gereja," katanya.

Sesak Nafas

Natalis Apay meninggal karena mengalami sesak nafas dan sempat dirawat di Rumah Sakit Mitra Kota Jambi namun nyawanya tidak tertolong lagi.
 
Mantan Ketua Umum KONI Provinsi Jambi, Indra Armendaris mengatakan semasa hidupnya, almarhum dinilai sebagai sosok patriot olahraga bahkan sebagai pahlawan olahraga, semenjak masuk dan membela nama Provinsi Jambi dia mengabdi di Jambi dan dia tidak pernah memasukkan 'gigi mundur' alias pindah dari Jambi, dia terus maju dan dia terus berupaya dengan usahanya untuk memajukan membesarkan atlet Jambi.