Akhiri Penantian 44 Tahun, Ashleigh Barty Juara Australia Open 2022

Petenis tunggal putri, Ashleigh Barty.
Sumber :
  • Instagram/@australianopen

VIVA – Laga final tunggal putri Australia Open 2022 yang mempertemukan Ashleigh Barty melawan Danielle Collins baru saja selesai digelar pada Sabtu sore WIB, 29 Januari 2022.

Absen di Australia Open, Novak Djokovic Bisa Pertahankan French Open

Pertandingan yang berlangsung di Rod Laver Arena, Melbourne, sangat dinanti oleh publik tuan rumah lantaran Barty memiliki kans untuk memecahkan catatan petenis putri Australia yang sudah berlangsung selama 44 tahun.

Tunggal putri nomor satu dunia itu punya peluang untuk mengulang prestasi Chris O'Neil yang tercatat sebagai petenis tunggal putri terakhir tuan rumah yang berhasil menjuarai Australian Open pada tahun 1978.

Cerita Petenis Indonesia Bertemu Rafael Nadal Cs di Australia Open

Penantian panjang publik tuan rumah seolah bakal berakhir dengan mudah ketika Barty sanggup memenangkan set pertama dengan cukup meyakinkan.

Sempat mendapat perlawanan sengit dari Collins di awal pertandingan, Barti mendapat momentum keunggulan ketika sukses melakukan break pada gim keenam untuk unggul 4-2.

Juara Australia Open 2022, Momen Emosional untuk Rafael Nadal

Barty pun semakin dominan usai memaksimalkan jatah servis pada gim berikutnya dan memperlebar keunggulan menjadi 5-2. Sempat tertahan, Barty akhirnya menyegel set pertama dengan kemenangan 6-3 usai menyapu bersih seluruh poin di gim kesembilan.

Di set kedua, alur permainan mendadak berubah. Collins secara mengejutkan mampu unggul 3-0 dengan merebut tiga gim pertama.

Petenis asal Amerika Serikat itu melanjutkan tren positifnya dengan memperlebar keunggulan menjadi 5-1. Namun, Barty menunjukkan respons yang luar biasa.

Barty merebut empat gim beruntun untuk menyamakan skor menjadi 5-5. Setelah itu, kedua petenis bergantian melakukan hold sehingga set kedua berlanjut ke tie break.

Akan tetapi, permainan Barty semakin tak terbendung dan akhirnya menutup babak tie break dengan skor 7-2 sekaligus menutup set kedua dengan kemenangan 7-6(2).

Barty sukses mengangkat trofi Australia Open 2022 usai menyudahi laga yang berlangsung selama 87 menit. Ini merupakan gelar Grand Slam Barty yang ketiga setelah French Open 2019 dan Wimbeldon 2021.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya