Empat Macam Gaya Renang

Perenang Cantik Korsel Raih Emas di 200 M Gaya Punggung
Sumber :
  • VIVA/Ikhwan Yanuar

VIVA – Olahraga merupakan aktivitas yang sangat menyenangkan, selain membuat kita sehat, salah satu olahraga yang sering digemari adalah renang, selain membuat kita sehat, berenang juga bagus buat postur tubuh dan menyehatkan detak jantung.

Olahraga renang bisa dilakukan oleh beberapa kalangan usia, dari mulai anak kecil hingga dewasa. Aktivitas renang juga bagus dilakukan bagi wanita hamil, dengan catatan ada saran dari dokter untuk wanita hamil.

Renang juga merupakan salah satu hobi Nabi Muhammad, seperti yang Rasulullah SAW sabdakan dalam hadistnya "Segala sesuatu yang di dalamnya tidak mengandung dzikrullah merupakan perbuatan sia-sia, senda gurau, dan permainan. Kecuali empat perkara, yaitu senda gurau suami dengan istrinya, melatih kuda, berlatih memanah, dan berenang." (HR. An-Nasa'i).

Macam-Macam Gaya Renang

Pergerakan renang tidak dilakukan dengan asal-asalan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika kita melakukan gaya renang, supaya ketika kita berenang mendapatkan gaya renang yang nyaman, berikut gaya renang seperti dilansir dari hellosehat.

1. Gaya Bebas.

Gaya bebas atau yang sering disebut dengan Freestyle atau Front Crawl, gaya ini merupakan yang sangat mudah untuk dipelajari untuk pemula, dengan gaya ini anda tidak perlu khawatir untuk kehabisan tenaga.

Kolaborasi Akuatik Indonesia dengan Komunitas Renang Indonesia di Festival OWS Bali

Rekornas Pecah 400 M Gaya Bebas Putri

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Anggota TNI Serda Archia Febra Raih Penghargaan Usai Taklukan Selat Sunda Sejauh 39 Kilometer

Gaya bebas bukan berarti berenang dengan sebabas yang kita inginkan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan supaya tidak terjadi kesalahan fatal, pertama yang harus diperhatikan adalah mengapung dengan bagian perut dan wajah menghadap ke air, kedua jaga kaki anda tetap lurus, kemudian tendangan kaki ke atas dan ke bawah secara bergantian.
Munasus PB Akuatik Indonesia Bahas Perubahan Nama


Ketiga mulailah dengan kedua lengan lurus ke depan kepada dan siap melakukan gerakan mendayung bergantian, kemudian tarik satu lengan di bawah tubuh sampai ke paha.

Keempat  Saat salah satu lengan keluar dari air, lengan lainnya mendayung di bawah air sampai ke paha. Lakukan gerakan terus-menerus hingga tubuh Anda terdorong ke depan, dan yang terakhir putar kepala anda ke samping untuk menarik nafas, lakukan pada sisi lengan yang terangkat ke atas.

2. Gaya Punggung

Renang gaya punggung atau backstroke, gaya berenang yang merupakan punggung sebagai tumpuan, banyak dokter yang menyarankan untuk melakukan gaya seperti ini bagi penderita permasalah punggung, hal ini sangat bermanfaat untuk memperkuat otot punggung, berikut hal yang harus dilakukan jika kita melakukan pergerakan gaya punggung.

Nurul Kuasai 200 M Gaya Punggung di FAI 2018

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa


Pertama, Mengapung dengan posisi telentang, telinga tepat di air, dan mata melihat ke atas. Lalu regangkan tubuh Anda selama mungkin, kedua, Luruskan kaki dan kemudian tendang kaki Anda ke atas dan ke bawah secara bergantian. Bagian lutut harus tetap berada di bawah air dengan jari-jari kaki membuat percikan kecil. Tendang kaki Anda dengan cepat dan terus-menerus.

Ketiga, Mulailah dengan lengan terentang ke sisi tubuh Anda. Tarik lengan ke arah luar air dengan bagian ibu jari terlebih dahulu, kemudian haluskan hingga ke atas bahu, dan terakhir, masukkan tangan Anda ke dalam air dengan jari kelingking terlebih dahulu. Dorong lengan Anda di bawah air sampai ke paha.

3. Gaya Dada

Gaya Dada atau breaststroke, merupakan gaya renang yang sangat direkomendasikan bagi pemula yang ingin terjun langsung ke olahraga renang, gerakan gaya dada sering disebut dengan gaya katak, pasalnya gerakan ini cenderung sangat santai, berikut langkah-langkah yang harus diperhatikan.

Gagarin 200 M gaya dada

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa


Pertama, pengapung dengan bagian perut sementara wajah menghadap ke air, kemudian regangkan tubuh sambil meluruskan kedua lengan selama mungkin, kedua, luruskan kaki dan dan renggangkan jari-jari kaki anda, kemudian tekuk lutut perlahan ke bawah air lalu menendang keluar.

Ketiga, jaga kepada anda supaya tetap berada di dalam air sambil meluruskan lengan anda lalu melakukan gerakan mendayung setengah lingkarang ke arah luar agar tubuh maju kedepan, dan yang terakhir Setelah selesai mendayung, satukan kedua lengan di bawah dada dan luruskan kembali lengan ke depan seperti membelah air.

4. Gaya kupu-kupu

Gaya kupu-kupu atau  butterfly stroke, merupakan gaya yang paling sulit, bagai orang yang ingin menurunkan berat badan, gaya ini sangat cocok untuk dilakukan, pasalnya gaya ini yang paling banyak membakar kalori, jika anda ingin melakukan gaya kupu-kupu disarankan harus mendatangkan pelatih renang, pasalnya gerakan ini sangatlah sulit, berikut yang harus diperhatikan.

Triadi Fauzi Raih Emas di Final 50 Meter Gaya Kupu-kupu Putra

Photo :
  • VIVA/Ikhwan Yanuar


Pertama, mengapung dengan bagian perut dan wajah menghadap air, kemudian regangkan tubuh Anda selama mungkin. kedua, gerakkan tubuh Anda dari kepala hingga ujung kaki, dengan gerakan mencambuk, menekuk, dan meluruskan lutut, mirip seperti gerakan lumba-lumba berenang.

Ketiga, masukkan kedua tangan ke dalam air secara bersamaan dengan posisi lengan sejajar dengan bahu Anda. Lalu, dayung lengan Anda hingga ke pinggul untuk menciptakan dorongan, dan yang terakhir untuk menarik napas, dorong dagu Anda ke permukaan air menjelang akhir dorongan.
Direktur Utama PosIND, Faizal R Djoemadi ikut Sungaliat Triathlon 2024

Dukung Sport Tourism Lewat Sungailiat Triathlon 2024

Sungaliat Triathlon 2024 digelar di Kawasan Pantai Tanjung Persona, Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka Belitung pada Sabtu 4 Mei 2024.

img_title
VIVA.co.id
6 Mei 2024