Undian Grup Segera Digelar, Piala Asia Basket 2022 Sudah di Depan Mata

Timnas Basket Indonesia
Sumber :
  • FIBA

VIVA – Calon lawan Timnas Basket Indonesia di Piala Asia Basket 2022 tak lama lagi akan diketahui. Federasi Bola Basket Internasional (FIBA) sudah menetapkan waktu pelaksanaan undian turnamen tersebut.

Jakarta Tuan Rumah Liga Champions Asia Basket 2024

Induk federasi basket dunia itu mengonfirmas bahwa undian akan dilakukan pada Jumat, 18 Februari 2022. Sementara, Piala Asia Basket akan digelar pada 12-24 Juli 2022.

Terdapat 16 tim yang akan berpartisipasi di turnamen ini. Mereka adalah tuan rumah Indonesia, juara bertahan Australia, Bahrain, China, China Taipei, India, Iran, Jepang, Yordania, Kazakhstan, Korea, Lebanon, Selandia Baru, Filipina, Arab Saudi, dan Suriah.

Harapan Perbasi kepada Pelita Jaya dan Prawira Bandung yang Mentas di Liga Champions Asia Basket

Nantinya, 16 tim tersebut akan dibagi ke dalam empat grup. Masing-masing grup akan terdiri dari empat tim. Prosedur pengundian dan pemilihan tim akan diumumkan sebelum pengundian berjalan.

Timnas Basket Indonesia, Brandon Jawato

Photo :
  • FIBA
Pebasket Putri di PON Aceh-Sumut Tak Terikat Syariat Islam

Ketua Panitia Pelaksana Piala Asia Basket 2022, Junas Miradiarsyah, menyambut baik penyelenggaraan undian ini. Sebab, pengundian ini menjadi langkah awal FIBA pada tahun ini untuk memastikan kejuaraan yang sempat tertunda tahun lalu akibat pandemi COVID-19, bisa terselenggara sesuai jadwal yang sudah ditetapkan.

"Kami menyambut baik pelaksanaan drawing grup untuk Piala Asia Basket 2022 karena ini merupakan tahapan menuju terselenggaranya kejuaraan bola basket bergengsi Asia di negara kita. Kami berharap drawing berjalan lancar," kata Junas dikutip situs resmi Perbasi.

"Dari sisi penyelenggaraan, kami terus bekerja sesuai timeline menyiapkan segala sesuatunya sebaik mungkin agar ajang Piala Asia Basket 2022 bisa digelar dengan sukses. Kita semua berharap situasi terkait pandemi COVID-19 sudah semakin tertangani dengan baik menjelang penyelenggaraan FIBA Asia Cup 2022," tambahnya.

Sementara itu, Ketua Umum PP Perbasi Danny Kosasih mengatakan, Indonesia akan berusaha menjadi tuan rumah Piala Asia Basket 2022 yang baik. Mengingat kegiatan ini sangat dinanti seluruh negara peserta.

"Indonesia akan mempersiapkan diri sebagai tuan rumah pengundian Piala Asia Basket 2022 dengan sebaik mungkin," tutur Danny.

Pengundian Piala Asia Basket 2022 akan disiarkan secara langsung di saluran YouTube FIBA dan halaman Facebook resmi FIBA Asia Cup.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya