Mencari Bibit Perenang di North Sumatera Open Swimming Exhibition 2022

Ketum PB PRSI, Anndya Novyan Bakrie, bersama Menparekraf Sandiaga Uno
Sumber :
  • VIVA/Putra Nasution

VIVA – Akuatik menjadi salah satu cabang olahraga prestasi yang masuk Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). Dengan ini, Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PB PRSI) bertekad membawa kejayaan akuatik meraih prestasi di event internasional dan mengharumkan nama Indonesia.

Turis China Tewas Usai Jatuh ke Jurang Ijen, Menpar Ingatkan Pengunjung Untuk Patuhi Aturan

Hal itu diungkapkan oleh Ketua Umum PB PRSI, Anindya Novyan Bakrie saat menghadiri upacara pembukaan North Sumatera Open Swimming Exhibition 2022 secara virtual di Kolam Renang Selayang Medan, Minggu 13 Februari 2022.

Anindya Bakrie mengatakan Sumatera Utara adalah tulang punggung kejayaan olahraga akuatik. Karena, dari provinsi ini banyak mencetak bibit atlet yang profesional dan baik, yang memiliki nilai juang sebagai pemenang.

Pemprov Bali Bantah Komersialisasi Ritual Melukat Bagi Delegasi WWF

“Ini berkat kerja keras kita bersama yang dirintis tentunya juga Pak Sandiaga Uno, yang dulunya menjabat sebagai Ketua Umum PB PRSI. Kita ingin membawa kejayaan akuatik, di mana Sumut adalah tulang punggungnya," ucap Anindya Bakrie.

North Sumatera Open Swimming Exhibition 2022

Photo :
  • VIVA/Putra Nasution
Keren! Bali Jadi Destinasi Pilihan Sadhguru untuk Healing dan Terapi Penyembuhan

Dalam kompetisi yang digelar oleh PRSI Pengprov Sumut ini, juga dihadiri secara virtual oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno. Lanjut, Anindya mengatakan akuatik masuk menjadi salah satu cabor dalam DBON akan memberikan semangat baru bagi para atlet.

"Bahwa dengan posisi itu, PRSI memiliki kesempatan untuk mendapatkan fasilitas. Tapi, juga tanggung jawab yang besar tentunya buat Asian Games, SEA Games dan ujungnya berprestasi di level Olimpiade," kata Anindya.

Pasalnya, tidak semua cabang olahraga masuk DBON. Pemerintah memutuskan hanya memasukkan 14 cabor untuk desain olahraga ini, yakni atletik, bulutangkis, panjat tebing, senam artistik, angkat besi, balap sepeda, panahan, menembak, renang, dayung, karate, taekwondo, wushu, dan pencak silat.

North Sumatera Open Swimming Exhibition 2022

Photo :
  • VIVA/Putra Nasution

“Renang itu merupakan gaya hidup yang baik dan bisa membantu perkembangan pemikiran atau kecerdasan anak-anak. Dalam waktu dekat, mudah-mudahan tahun ini kita bisa membantu kita bisa punya RBMD. Tapi, untuk kolam renang, sehingga semua orang bisa renang, jangan sampai kekurangan akses. Padahal banyak kolam yang sepi walaupun tentu tidak semuanya skala olimpiade,” jelas Anindya.

Kompetisi North Sumatera Open Swimming Exhibition 2022 yang digelar PRSI Pengprov Sumatera Utara ini berjalan pada 12-13 Februari 2022. Total peserta mencapai 489 orang dengan 17 nomor lomba.

Ketua Umum PRSI Sumatera Utara, H Coki Muchrid menjelaskan bahwa 102 perenang yang menjuarai kompetisi ini, akan menjalani kompetisi lanjutan untuk mendapatkan 10 perenang terbaik. 

"Dan, sangat disayangkan kita belum menemukan perenang yang berhasil memecahkan rekor nasional. Padahal sudah kita siapkan empat unit sepeda motor listrik dan uang pembinaan yang lumayan," ujar Coki.

Coki menegaskan kompetisi North Sumatera Open Swimming Exhibition 2022 digelar sebagai bentuk kegiatan untuk mencari bibit atlet renang untuk dipersiapkan PON Sumut-Aceh 2024.

"Mudah-mudahan, di kompetisi untuk 102 pemenang, kita bisa mendapatkan atlet-atlet terbaik itu, dan kami sangat optimis,” tutur Coki Muchrid.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya