Kendala Timnas Basket Indonesia Jelang Jumpa Arab Saudi dan Yordania

Andakara Prastawa saat bela Timnas Basket Indonesia
Sumber :
  • FIBA

VIVA – Asisten pelatih Timnas Basket Indonesia, Wahyu Widayat Jati, membeberkan sejumlah kendala yang dihadapi Andakara Prastawa cs jelang menghadapi Arab Saudi dan Yordania pada lanjutan Kualifikasi Piala Dunia Basket 2023 Grup C Zona Asia.

Jakarta Tuan Rumah Liga Champions Asia Basket 2024

Dijelaskan pria yang akrab disapa Cacing itu, Timnas Basket Indonesia terkendala masalah kebugaran. Pasalnya, beberapa pemain baru saja pulih dari COVID-19.

Seperti diketahui, COVID-19 sempat merebak pada IBL 2022 seri 2 Bandung lalu. Banyak pemain yang terpapar virus tersebut yang membuat kompetisi sampai harus dihentikan sementara.

Harapan Perbasi kepada Pelita Jaya dan Prawira Bandung yang Mentas di Liga Champions Asia Basket

Situasi tersebut secara tak langsung berdampak pada Timnas Basket lantaran sebagian besar penggawa tim Merah Putih merupakan pemain yang tampil di IBL 2022.

Timnas Basket Indonesia, Brandon Jawato

Photo :
  • FIBA
Pebasket Putri di PON Aceh-Sumut Tak Terikat Syariat Islam

"Yang jadi masalah adalah kebugaran pemain karena beberapa pemain baru sembuh dari COVID-19 dan sisanya kebanyakan tidak berlatih intensif karena alasan imbas dari COVID-19," kata Wahyu dikutip situs resmi Perbasi.

Kendati demikian, Wahyu menyebutkan sudah ada progres soal chemistry antarpemain. Mereka juga sudah mengerti sistem permainan yang diinginkan pelatih. Artinya, secara strategi sudah tidak ada masalah.

"Sebenarnya semua pemain yang ada sekarang sudah mengerti sistem coach Rajko Toroman. Jadi mereka tidak ada masalah dengan strategi," ujar Cacing.

"Yang penting, kami harus selalu fight dalam bermain karena membawa nama baik negara," lanjutnya.

Timnas Basket Indonesia saat ini berada di Jeddah, Arab Saudi, guna menghadapi Arab Saudi (24/2). Sebelum bertolak ke Amman untuk melawan Yordania (27/2).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya