Grand Final Liga Surfing Indonesia 2022 Diikuti 197 Atlet

Olahraga surfing/selancar ombak
Sumber :
  • KONI

VIVA – Grand Final Liga Surfing Indonesia 2022 telah berakhir pada Minggu, 13 Maret 2022. Kejuaraan hasil kolaborasi Asian Surf Cooperative (ASC) dan Persatuan Selancar Ombak Indonesia (PSOI) ini diselenggarakan di Halfways, Pantai Kuta, Bali, mulai 11-13 Maret 2022.

Atlet Indonesia yang Lolos Olimpiade 2024 Bertambah, Ini yang Terbaru

Tuntasnya Grand Final LSI 2022 menjadi kebanggaan bagi pembinaan olahraga prestasi selancar ombak di Tanah Air. Pasalnya, Grand Final ini adalah liga selancar ombak pertama yang mempertandingkan atlet-atlet yang mewakili klub selancar ombak (Boardrider). Tak hanya pertama di Indonesia, namun juga di Asia.

“Di Asia belum pernah ada event surfing yang atletnya representasi klub dengan format seperti ini,” tutur pelatih nasional selancar ombak Indonesia sekaligus Sekjen PSOI, Tipi Jabrik.

Rio Waida Pastikan Tiket ke Olimpiade 2024

Proses penentuan peserta pada Grand Final tersebut berjenjang dan telah terseleksi pada tingkat klub (Boardrider). Setiap klub sebelumnya telah melaksanakan 5 kali event internal untuk menentukan 4 atlet terbaiknya sejak Mei 2021.

Klub menentukan 4 atlet terbaik yang dipertandingkan pada Grand Final LSI 2022. Atlet-atlet terbaik klub diseleksi untuk ikuti beberapa nomor pertandingan (divisi), antara lain Under-10, Womens Open, Boys Junior, Master, Mens Open dan Club Challenges.

Perbedaan Gaya Liburan Turis Muda dan Lanjut Usia di Bali, Kamu Prefer Mana?

Grand Final Liga Surfing Indonesia 2022

Photo :
  • KONI

Alhasil 197 atlet selancar ombak terbaik Indonesia dari 15 klub kontestan LSI berlaga pada Grand Final yang diselenggarakan berkat dukungan Vans Indonesia, East Ventures, Bintang, Mamaka, dan Earth Island.

Atas penyelenggaraan kompetisi Grand Final LSI 2022, Ketua Umum (Ketum) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Marciano Norman, pun menyampaikan apresiasinya.

“Selaku Ketua Umum KONI Pusat, saya mengapresiasi sekaligus berterima kasih atas semangat masyarakat olahraga selancar ombak, baik atlet, pelatih, dan khususnya Persatuan Selancar Ombak Indonesia yang telah berhasil menyelenggarakan Grand Final Liga Surfing Indonesia 2022 dengan lancar,” kata Marciano.

“Terima kasih atas dedikasi pelaku olahraga selancar ombak Indonesia yang terus berupaya meningkatkan kualitas pembinaan olahraga di Tanah Air. Grand Final LSI 2022 menjadi kebanggaan karena ini pertama kalinya di Asia dan Indonesia,” sambungnya.

Tak lupa, ia berharap sistem pembinaan dan seleksi yang berawal dari klub hingga ke tingkat nasional terus dikembangkan. "Ini memudahkan kita menemukan atlet-atlet berpotensi yang dapat mempersembahkan prestasi untuk Indonesia. Sistem ini perlu dipertahankan dan dikembangkan,” tutur Marciano.

Pada Grand Final LSI 2022, klub tuan rumah, Halfway Kuta Boardriders tampil perkasa pada Grand Final LSI 2022. Pasalnya, 4 dari 6 nomor pertandingan dimenangkan wakil tuan rumah. Kelas yang juaranya berasal dari Halfway Kuta Boardriders adalah Master, Mens Open, Womens Open, dan Club Challenges.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya