Antusiasme Tinggi, Turnamen Basket 3x3 Remaja Diharapkan Rutin Digelar

Turnamen basket 3x3 remaja
Sumber :
  • VIVA/Pratama Yudha

VIVA – Turnamen basket 3x3 level remaja yang diinisiasi oleh Perbasi dan Supersport Sensation International (SSS) yang bertajuk 'Livin' Mandiri Indonesia 3x3 Tournament' telah resmi bergulir mulai 17 Maret 2022 di GOR Soemantri Brodjonegoro, Kuningan, Jakarta. 

Pemain Pelita Jaya Yesaya Saudale Ungkap Sepatu Andalannya di Luar Lapangan

Antusiasme peserta terlihat sangat tinggi dalam berkompetisi di kejuaraan tingkat remaja ini. Buktinya, sebanyak 300 tim lebih mendaftar jadi peserta di seri Jabodetabek. Terdiri dari level U-23 dan U-18.

Lantaran berjalan di tengah pandemi, protokol kesehatan pun dijalankan dengan sangat ketat. Sebelum pertandingan, setiap tim diwajibkan menjalani tes antigen.

Jakarta Tuan Rumah Liga Champions Asia Basket 2024

Event Manager SSS, Abdul Hakim, sangat puas menyaksikan antusiasme para peserta turnamen ini. Dia menilai semangat para peserta sangat tinggi mengingat ini merupakan turnamen basket 3x3 pertama di masa pandemi COVID-19.

Peserta basket 3x3, Global Prestasi Hawks

Photo :
  • VIVA/Pratama Yudha
Harapan Perbasi kepada Pelita Jaya dan Prawira Bandung yang Mentas di Liga Champions Asia Basket

"Kami dari SSS sangat perhatian dengan level grassroot. Dan saya sangat kaget melihat antusiasme para peserta. Membuat saya makin tak sabar menyaksikan City Final," ujar Abdul Hakim.

Di sisi lain, perwakilan Bidang Pertandingan Basket 3x3 PP Perbasi, Rinto Ari Nando, juga mengapresiasi bergulirnya 'Livin' Mandiri Indonesia 3x3 Tournament'. Sebab, dia melihat turnamen ini memunculkan bibit-bibit yang dibutuhkan oleh Perbasi dalam mencari pemain Timnas Basket 3x3.

"Ini harus diapresiasi dari SSS yang bekerja sama dengan Perbasi yang menyelenggarakan 3x3. Hal ini sangat ditunggu-tunggu karena kami diharuskan oleh FIBA menjalankan 60 pertandingan dalam setahun. Makanya saya datang ke lokasi untuk memastikan ini semua berjalan dengan baik," tutur Rinto Ari Nando.

Sementara itu, perwakilan peserta turnamen 3x3, Pandu Budi Satrio yang membela tim Global Prestasi Hawks, menyatakan turnamen ini sangat bagus bagi perkembangan basket Indonesia guna mencari bibit-bibit potensial.

Peserta basket 3x3, SMAN 27 Jakarta

Photo :
  • VIVA/Pratama Yudha

"Tentu senang karena selama pandemi belum ada lomba. Jadi, kami mau juara agar bisa memberi prestasi buat sekolah," kata Pandu.

"Semoga turnamen ini makin ramai peminat agar memajukan basket Indonesia," tambahnya.

Senada dengan Pandu, peserta lainnya yakni Cielo Raphael Putra Christian yang mewakili SMAN 27 Jakarta Mars, sangat mendukung turnamen ini rutin diadakan setiap tahun guna membuka kesempatan bagi anak-anak Indonesia bersinar lewat olahraga basket.

"Event ini melatih skill saya dan mengenalkan lingkungan baru. Sangat senang bisa tanding lagi karena sudah lama vakum akibat pandemi," ujar Cielo.

Peserta basket 3x3, SMA Yadika 2 Jakarta

Photo :
  • VIVA/Pratama Yudha

"Semoga dari turnamen ini dilirik oleh tim besar ke depannya terutama Timnas Basket Indonesia. Semoga event seperti ini lebih sering lagi karena bisa membuat potensi anak-anak Indonesia jadi semakin terlihat," harap dia.

Saat ini, 'Livin' Mandiri Indonesia 3x3 Tournament' seri Jabodetabek masih berjalan di fase grup hingga 21 Maret 2022. Setelah itu, tim-tim yang lolos akan kembali bertanding di City Playoffs dan Final yang akan digelar di One Belpark Mall, Jakarta, mulai 25-31 Maret 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya