Bima Arya Targetkan Lari Trail Mentas di PON 2024

Walikota Bogor, Bima Arya tantang 'Pebasket Sombong' Denny Sumargo
Sumber :
  • VIVA/Muhammad Aprian Romadhoni (Bogor)

VIVA – Ketua Umum Asosiasi Lari Trail Indonesia (ALTI) periode 2021-2025, Bima Arya mendorong atlet pelari trail diikutsertakan dalam cabang olahraga (cabor) dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 yang bakal dihelat di Aceh dan Sumatera Utara.

Untuk memersiapkan keikutsertaan atlet pelari trail ini, Bima Arya mengatakan tahun ini akan ada beberapa hal yang dilakukan oleh ALTI. Diantaranya akan menggelar kejuaraan nasional (kejurnas) untuk menarik atlet-atlet baru menuju PON nanti.

"Tahun ini kita sedang menyiapkan 2 kejurnas (lari trail) termasuk kejurda-kejurda kita dorong agar 2024 kita bisa mengikuti eksebisi di PON untuk pertama kalinya," ujar Bima Arya usai melantik pengurus ALTI DIY, di Jalan Gedong Kuning, Rejowinangun, Kotagede, Yogyakarta, Jumat 25 Maret 2022.

Walikota Bogor ini menjelaskan jika olahraga lari trail yang banyak memanfaatkan trek di alam terbuka itu merupakan olahraga yang memiliki potensi baik.

Bima Arya berharap dengan dibentuknya kepengurusan ALTI di DIY nantiny bisa menyiapkan atlet-atlet baru. Selain itu adanya kepengurusan yang baru dilantik ini bisa membuat atlet lebih siap karena trek lari trail bervariasi.

"ALTI DIY ini sendiri banyak dari komunitas pelari dan masih muda serta semangat. Even di sini juga baik seperti cost to cost yang akan digelar Juni nanti, pengurus pusat akan full support dan bersinergi dengan Kemenparekraf," ucap Bima Arya.

"Saya akan ajak mas Sandiaga juga ke sini karena kita juga mempromosikan tempat wisata karena konsepnya sport tourism, apalagi di Yogyakarta ada Merapi-nya dan spot olahraga yang keren," sambung Bima Aria.

Sementara itu, Ketua ALTI DIY Roostian Gamananda mengatakan ad sekitar 60 anggota yang sudah bergabung dan akan menyiapkan kader pelari trail di Yogyakarta.

"Sebenarnya lari trail sudah lama ada di tahun 2011. Jadi ALTI ini perahu kita untuk menggandeng komunitas lari untuk menumbuhkan pelari atau atlet yang handal," terang Roostian.

Roostian menjelaskan bahwa trail running atau lari trail memang memilih trek yang berbeda dari aktivitas lari pada umumnya. Trek di pasir atau tanah itu yang biasa digunakan.

Roostian menambahkan saat ini pihaknya ikut mendorong agar trail running bisa masuk sebagai cabor dalam perhelatan pertandingan olahraga. Diharapkan nantinya akan ada bibit-bibit atlet trail running yang lahir dari DIY.

"Sesuai arahan Ketua Umum tadi kita juga menyiapkan kader di setiap daerah. Artinya kita bisa siap bertanding di kejuaraan baik level daerah dan juga nasional," pungkas Roostian.

Pemred tvOnenews.com, Jurnalis Pertama Indonesia Peraih Six Star World Marathon
 
Trail of The Kings Danau Toba 2024.(dok BPODT)

Pelari Indonesia, Malaysia Hingga Amerika Siap Bertarung di Trail of The Kings Danau Toba 2024

event lari trail berstandar internasional, dengan bertajuk 'Trail of The Kings (TOTK) Zero Edition', yang berlangsung di Water Front City, Pangururan, Kabupaten Samosir,

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024