FINA Undang 2 Atlet Renang Indonesia TC di Budapest

PRSI pelatnas renang lakukan time trial
Sumber :
  • PRSI

VIVA – Induk cabang olahraga renang dunia (FINA) mengundang dua atlet Indonesia untuk melakukan pemusatan latihan di Budapest, Hungaria sebagai upaya untuk membantu meningkatkan performa perenang nasional.

Kolaborasi Akuatik Indonesia dengan Komunitas Renang Indonesia di Festival OWS Bali

Hal itu diungkapkan Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari setelah bertemu dengan Presiden FINA Husain AHZ Al-Musallam di Kuwait. Pertemuan itu merupakan rangkaian diplomasi internasional KOI di Asia pada 2022.

“Diplomasi internasional ini menghasilkan kabar positif. Indonesia mendapat tiga keuntungan untuk membantu peningkatan prestasi renang, mulai dari beasiswa, coaching, hingga memberikan tempat untuk representatif Indonesia di FINA,” kata Oktohari dalam keterangan pers.

Anggota TNI Serda Archia Febra Raih Penghargaan Usai Taklukan Selat Sunda Sejauh 39 Kilometer

Okto, sapaan akrab Raja Sapta, menyebut bahwa FINA menjanjikan pemberian beasiswa penuh kepada dua perenang masing-masing putra dan putri untuk menjalani pemusatan latihan di Budapest.

Perenang Indonesia, Ricky Anggawijaya ketika melakukan Olimpyc Trial

Photo :
  • PRS
Akuatik Indonesia Resmi Ganti Nama Jadi Federasi Akuatik Indonesia

Selain pemberian beasiswa, FINA juga berjanji memenuhi permintaan KOI untuk menempatkan dua perwakilan Indonesia di FINA.

“Dengan kehadiran representatif kami di FINA diharapkan mereka dapat berperan aktif sehingga dapat menunjang dan membawa dampak positif bagi perkembangan olahraga Indonesia, termasuk regulasi dan hal-hal lainnya,” ujar Okto.

“Saya berharap keuntungan ini dapat membantu peningkatan prestasi renang Indonesia. Apalagi, renang merupakan mother of sport yang dipertandingkan di Olimpiade, dan ini sejalan dengan misi kami, yakni menembus panggung dunia.”

FINA juga, dikatakan Okto, akan mengirimkan Olympian berdarah Indonesia-Belanda, Ranomi Kromowidjoyo, ke Indonesia untuk membantu mempromosikan renang di level akar rumput dan daerah-daerah, serta membantu perenang muda hingga elite untuk meningkatkan performanya. (Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya