KOI: Atlet yang Lolos Olimpiade Pantas Diganjar Bonus

Ketua Umum KOI (NOC Indonesia), Raja Sapta Oktohari
Sumber :
  • NOC Indonesia

VIVA – Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia), Raja Sapta Oktohari, mengatakan bakal memberikan bonus bagi para atlet yang berhasil lolos Kualifikasi Olimpiade Paris 2024. Tak tanggung-tanggung, jumlahnya pun lebih dari Rp100 juta.

Indonesia Masih Berpeluang Loloskan Atlet ke Olimpiade 2024

Oktohari mengatakan bonus ini pantas diberikan mengingat perjuangan menuju Olimpiade tidak mudah. Maka itu, apresiasi ini merupakan hal yang layak.

"Nilai Rp 100 juta itu sangat pantas karena kalau Olimpiade itu bukan hanya menang atau kalah tapi yang lebih penting adalah partisipasinya," kata Okto kepada wartawan di Jakarta.

Terpopuler: Timnas Indonesia Batal Naturalisasi Joey Suk, Nathan Tjoe-A-On Dekati Sabreena Dressler

"Dengan begitu, orang-orang itu diingatkan untuk bisa partisipasi di Olimpiade itu tidak mudah, harus melalui proses kualifikasi selama 2 tahun," tutur dia.

Lebih lanjut, Oktohari menyatakan pemberian apresiasi ini dikarenakan tak mudah untuk tampil dan menyandang gelar Olympian. Sebagai informasi, Oktohari pernah melakukan hal serupa ketika bertugas menjadi Chef de Mission (CdM) Olimpiade Rio de Janeiro 2016 silam.

Atlet Olimpiade Pertama Palestina Meninggal Dunia di Gaza Karena Kurangnya Perawatan Medis

Kala itu, setiap atlet yang lolos dipastikan menggenggam Rp100 juta. Dari situ, dia yakin nominal bonus atlet yang lolos ke Olimpiade Paris 2024 bisa bertambah.

"Kalau sudah ada yang lolos kualifikasi, artinya dia sudah menang satu jalan karena begitu lolos kualifikasi, dia menyandang gelar Olympian. Masalah menang atau kalah, itu kan tergantung pertandingannya. Atlet di dunia banyak tapi yang jadi Olympian kan sedikit," ucap Oktohari.

"Beberapa Olimpiade yang lalu, bonus kualifikasi Olimpiade itu selalu ada. Saya pikir Olimpiade yang berikutnya ini rasanya tidak mungkin tidak ada, malah mungkin bisa ditambah (nominalnya)," tambahnya.

Menurut kalender sejumlah International Federation (IF), beberapa cabang olahraga sudah ada yang memulai kualifikasi mulai Mei 2022 di antaranya judo dan triathlon.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya