Klasemen SEA Games 2021: Tiga Emas Bawa Indonesia ke Peringkat Tiga

Tim dayung beregu putri Indonesia di SEA Games 2021
Sumber :
  • NOC Indonesia/MP Media/Arie Prijono

VIVA – Kontingen Merah Putih hingga Rabu siang pukul 13:00 WIB menempati peringkat tiga daftar perolehan medali SEA Games 2021 di Vietnam setelah memboyong tiga medali emas.

Gelar Rakernas, PB Akuatik Indonesia Susun Rencana Mulai PON 2024 Menuju Prestasi Dunia

Indonesia meraih emas pertamanya dalam SEA Games 2021 dari cabang olahraga dayung lewat Kukan Rusmana dan Ardi Isedi pada nomor lighweight man’s double sculls (LM2X).

Di Hai Phong Canoeing and Rowing Training Center, Vietnam, yang berjarak sekitar dua jam perjalanan darat dari Hanoi, Rabu, duet dayung Indonesia itu start dari lintasan 2 finis tercepat dengan catatan waktu tujuh menit 1,385 detik guna mengalahkan Filipina dengan margin 4,2 detik dan pedayung tuan rumah yang melengkapi podium.

Top Trending: Jemaah Umrah Alami Keajaiban di Masjid Nabawi, Atlet Sea Games Jadi Jenderal Bintang 1

Masih dari dayung, Sulpianto dan Memo menambah emas kedua dari nomor Men's Double Sculls setelah mengalahkan Thailand, Kamboja dan Vietnam.

Sedangkan kuartet Dewi Purwanti, Maslin Efrilia, Anniasa Meilani Yahya, dan Puteri Agni Anugerah memboyong medali perak dari Women's Quadruple Sculls setelah dikalahkan Vietnam.

Sosok Kapolda Perempuan Pertama, Atlet Sea Games Jadi Jenderal Bintang 1

Syiva Lisdiana, Aisah Nabila, Julianti, dan Chelsea Corputty juga menambah perak dari dayung nomor Women's Coxless Four.

Kontingen Merah Putih juga menambah dua medali perak lewat pesilat Puspa Arum Sari yang harus puas sebagai runnerup nomor seni tunggal putri setelah dikalahkan pesilat Filipina Mary Francine Padios Cezar di Bac Tu Liem Gymnasium.

Pesilat Indonesia di SEA Games 2021, Puspa Arum Sari

Photo :
  • NOC Indonesia/MP Media/Louis Figo

Kemudian, Riska Hermawan dan Ririn Rinasih tampil sebagai yang terbaik dalam silat nomor seni ganda putri usai mengalahkan pasangan tuan rumah Thi Thu Ha Nguyen dan Thi Huyen Nguyen untuk mempersembahkan emas ketiga Indonesia sampai siang ini.

Indonesia juga meraih perak dari nomor silat seni beregu lewat Anggi Faisal Mubarok, Asep Yuldan Sani, dan Nunu Nugraha yang harus mengakui keunggulan trio Thailand yang berhak atas emas nomor tersebut.

Hingga pukul 13:00 WIB, Vietnam mengambil alih puncak klasemen medali dengan tujuh emas, enam perak dan lima perunggu, menggeser Malaysia ke peringkat dua dengan enam emas, satu perak dan empat perunggu.

Indonesia sementara ini menempati peringkat tiga dengan tiga emas dan empat perak.

Berikut klasemen medali SEA Games 2021 hingga pukul 13:00 WIB menurut laman resmi seagames2021.com:
 
      Negara     Emas     Perak     Perunggu
      Vietnam      7     6     5
      Malaysia     6     1     4
      Indonesia     3     4     0
      Singapura     1     3     3
      Filipina     1     2     4
      Thailand     1     2     3
      Brunei     0     1     1
      Kamboja     0     0     1
      Laos     0     0     1
      Myanmar     0     0     0
      Timor Leste     0     0     0

Atlet dayung Indonesia di SEA Games 2021, Ardi Isadi dan Kakan Kusmana

Photo :
  • NOC Indonesia/MP Media/Arie Prijono
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya