Kalahkan Ranking Satu Dunia, Ini Profil Lengkap Bilqis Prasista

Tunggal putri Indonesia, Bilqis Prasista
Sumber :
  • pbsi.id

VIVA – Indonesia harus menelan kekalahan 1-4 dari Jepang dalam pertandingan pamungkas Grup A Piala Uber 2022, Rabu 11 Mei 2022. Bilqis Prasista yang dimainkan pada pertandingan pertama meraih kemenangan saat menghadapi pebulutangkis peringkat pertama dunia, Akane Yamaguchi yang ditumbangkan dua game langsung.

Pebulutangkis Jepang Kento Momota Putuskan Pensiun

Meskipun Indonesia meraih kekalahan dari negara Tirai Bambu itu. Merah putih tetap lolos ke babak perempat final Piala Uber 2022. Pasalnya Tim Pebulutangkis Putri Indonesia berada di Runner up Grup A di bawah Jepang.

Pada game pertama Bilqis Pratista meraih poin sangat tipis saat menumbangkan Akane Yamaguchi, sempat kejar-kejaran poin, akan tetapi pebulutangkis berusia 18 tahun itu berhasil meraih kemenangan di game pertama dengan poin 21-19, sementara di game kedua pun meraih poin yang sama.

Dulu Bawa Indonesia Sabet Emas SEA Games, Pramudya Kusumawardana Kini Bela Australia

Banyak yang mengatakan pebulutangkis muda itu digadang-gadang menjadi penerus salah satu pebulutangkis legenda indonesia Susi Susanti. Bilqis Prasista akan menjadi perbincangan hangat, bagaimana tidak pebulutangkis tunggal putri itu berhasil mengalahkan pebulutangkis putri peringkat pertama dunia.

Meskipun lawannya merupakan reking pertama dunia, Bilqis Prasista terlihat tidak gentar ketika menghadapi Akane Yamaguchi. Berikut Profil dari Bilqis Prasista, seperti dikutip dari berbagai sumber:

17 Indonesian Athletes Qualify for the 2024 Paris Olympics

- Profil Lengkap Bilqis

Tunggal putri Indonesia, Bilqis Prasista

Photo :
  • pbsi.id

Memiliki nama lengkap Bilqis Prasista yang biasa dipanggil Bilqis yang memiliki tempat lahir di Magelang, Jawa Tengah, pada 24 Mei 2003. Ia merupakan atlet dari PB Djarum. Prestasi yang ia dapat adalah menjadi juara 1 di turnamen Bangladesh Junior International Series tahun 2021, Juara 1 Jakarta Junior International Series tahun 2019 dan terakhir menjadi Semifinal Badminton Asian Junior Championship tahun 2019.

- Debut

Tunggal putri Indonesia, Bilqis Prasista

Photo :
  • pbsi.id

Bilqis Prasista yang merupakan atlet PBSI Cipayung yang sudah bergabung pada tahun 2020. Bilqis Prasista tidak butuh waktu lama untuk memberikan yang terbaik untuk mengharumkan nama bangsa Indonesia di level Internasional.

Bilqis Prasista juga tergabung dalam Badminton Asian Team Championship (BATC) untuk membantu Indonesia pada bulan Februari yang diadakan di Malaysia. Pada Mei 2022, Bilqis Prasista menjalani debut Internasionalnya dalam ajang Piala Uber 2022 saat itu mengalahkan pebulutangkis asal Prancis dengan skor 17-21, 21-14, dan 21-18.

- Putri dari Legenda Bulutangkis

Tidak heran jika Bilqis Prasista melanjutkan bakat kedua orangtuanya. Ia merupakan anak dari legenda bulutangkis Indonesia yaitu Joko Suprianto dan Zelin Resiana.

Joko Suprianto yang merupakan legenda bulutangkis Indonesia yang pernah mengharumkan nama bangsa di Internasional dengan meraih gelar juara dunia pada tahun 1993 di tunggal putra. Sementara Ibunya meraih juara Piala Uber 1994 dan 1996, kala itu Zelin Resiana bermain dalam ganda putri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya