Anindya Bakrie Memotivasi Timnas Renang Indonesia di SEA Games Vietnam

Ketua Umum PB PRSI, Anindya Novyan Bakrie
Sumber :
  • Dok. PB PRSI

VIVA – Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PB PRSI) Anindya Novyan Bakrie memberikan motivasi kepada perenang Merah Putih yang akan berlaga di SEA Games Hanoi, Vietnam yang secara resmi bergulir pada 12-23 Mei 2022.
 
Tim renang berkekuatan 17 atlet dikomandoi pelatih asal Australia Michael Piper dan pelatih kepala Albert Sutanto. Mereka akan memulai perjuangan pada pesta olahraga terbesar di Asia Tenggara edisi ke-31 tersebut pada 14-19 Mei 2022 di My Dinh Water Sports Stadium.
 
Dari 40 nomor renang yang dilombakan, Indonesia mengikuti 36 nomor di antaranya. Rencananya keberangkatan tim terbagi dua kloter yakni pada 11 dan 12 Mei 2022.
 
"Bersyukur selama 24 bulan terdampak pandemi bisa membentuk satu tim yang kuat supaya bisa kompetitif di Hanoi. Terima kasih juga kepada pemerintah yang membuat cabang renang masuk DBON. Untuk itu saya minta teman-teman berjuang keras untuk membuat prestasi lebih baik lagi dibandingkan saat di Filipina 2019," ujar Anindya saat melepas tim renang di Aryaduta, Jakarta, dalam keterangan tertulis, Rabu 11 Mei 2022.
 
"Di Filipina kita membuat sejarah saat polo air meraih medali emas mengalahkan dominasi negara lain. Kali ini berharap bisa lebih banyak lagi emas-emas dan medali lain supaya tujuannya memastikan Merah Putih berkibar dan lagu Indonesia Raya berkumandang," ujar Anin menambahkan.
 
Anin juga menjelaskan dengan adanya G20 negara-negara besar dunia, menjadi tanda-tanda Indonesia menjadi pemimpin dunia.
 
"Jadi buat para perenang, Anda semua adalah pahlawan bukan hanya memperjuangkan Indonesia di medan perang, tapi pahlawan yang akan bawa nama baik Indonesia," ujar Anin.

Dulu Bawa Indonesia Sabet Emas SEA Games, Pramudya Kusumawardana Kini Bela Australia

Tim renang Indonesia di SEA Games 2021.

Photo :
  • Dok. PB PRSI

Cdm Indonesia Anindya Bakrie Ingin Pertahankan Tradisi Emas Olimpiade
 
7 Atlet Lolos Olimpiade Paris 2024, Anindya Bakrie: Kita Harap Bertambah, Proses Masih Bergulir
Sementara itu sebelumnya pelatih Albert mengatakan Indonesia memiliki potensi untuk bisa membawa pulang enam hingga tujuh medali emas.
 
"Namun paling besar potensinya itu ada pada empat nomor yakni 50meter dan 200meter gaya punggung putra, serta 400meter gaya ganti putra dan putri," katanya.
 
Pada nomor 50meter gaya punggung putra, Indonesia bakal menurunkan I Gede Siman Sudartawa yang meraih medali emas pada SEA Games sebelumnya di Filipina pada 2019.
 
Ketika itu, Siman menjadi perenang Merah Putih satu-satunya yang menyumbang emas setelah mencatatkan waktu 25,12 detik. Dia mengalahkan Quah Zheng Wen dari Singapura (25,65 detik) di posisi kedua dan Paul Le Nguyen asal Vietnam yang finis ketiga dengan 25,73 detik.
 
Sementara 200meter gaya punggung putra, Albert mengatakan bakal menurunkan Farrel Armandio Tangkas. Kemudian 400meter gaya ganti putra ada nama Aflah Fadlan Prawira dan untuk putri Azzahra Permatahani menjadi andalan.
 
Pada SEA Games 2019 Filipina, Tim renang mengoleksi satu medali emas, enam medali perak, dan tujuh medali perunggu.
 
Berikut tim renang Indonesia untuk SEA Games Vietnam:

Tim Pelatih: Wisnu Wardhana (Manajer), Albert Sutanto (Pelatih Kepala), Dony B. Utomo, Marifa Herman Yus, Hendry Sutanto, Michael Piper (Australia)
 
Putra: Aflah Fadlan Prawira (kapten), Glen Victor Sutanto, I Gede Siman Sudartawa, Gagarin Nathaniel Yus, Farrel Armandio Tangkas, Joe Aditya Kurniawan, Erick Ahmad Fathoni, Pande Made Iron Digjaya,
 
Putri: Patricia Yosita (kapten), Ressa Kania Dewi, Azzahra Permatahani, A.A. Istri Kania Ratih, A.A. Vannesae Evato, Nurul Fajar, Flairene Chandrea, Angel Gabriele Yus, Masniari Wolf. (Ant)

Pelepasan tim renang Indonesia ke SEA Games 2021

Photo :
  • Dok. PB PRSI
Wasit asal Arab Saudi Majed Mohammed Al Shamrani

Ini Sosok Wasit yang Pimpin Duel Timnas Indonesia U-23 Vs Australia, Kontroversial Lagi?

Sosok wasit menjadi sorotan jelang duel Timnas Indonesia U-23 melawan Timnas Australia di penyisihan Grup A Piala Asia U 23 2024 malam hari ini, Kamis 18 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024