Menjaga Tradisi Juara Pencak Silat

Ganda putri pencak silat Indonesia, Ririn Rinasih dan Riska Hermawan
Ganda putri pencak silat Indonesia, Ririn Rinasih dan Riska Hermawan
Sumber :
  • NOC Indonesia/Naif Al’As

VIVA – Riska Hermawan tak menyangka bisa menggondol medali emas seperti yang pernah dilakukan ayahnya Cece Hermawan pada SEA Games 1997 di Jakarta.

Bertanding pada nomor seni ganda putri bersama Ririn Rinasih, dia berhasil menyumbangkan medali emas pertama dari cabang olahraga pencak silat pada SEA Games Vietnam 2021 di Bac Tu Liem Sport Center, Hanoi, Vietnam, Rabu 11 Mei 2022.

Dua pesilat andalan Indonesia ini menumbangkan pasangan tuan rumah Vietnam, Nguyen Thi Thu Ha dan Nguyen Thi Huyen, setelah mengumpulkan 9.955 poin atau terpaut jauh 30 poin di atas lawannya.

“Saya persembahkan medali ini untuk ayah saya karena dia juga atlet nasional yang pernah memberikan emas SEA Games kepada Indonesia," kata atlet berusia 26 tahun kelahiran Bandung ini.

Riska mulai mengenal pencak silat sejak belia, tepatnya saat kelas empat Sekolah Dasar. Cucu sesepuh pencak silat Jawa Barat Endang Yohana ini sejak kecil sudah berada di lingkungan pesilat.

Ayahnya bahkan meraih medali emas SEA Games 1997 saat berpasangan dengan adiknya sendiri Ruchyat Sudrajat pada nomor yang sama seperti digeluti Riska.

Ruchyat Sudrajat yang adalah paman Riska juga pernah meraih medali SEA Games saat ajang ini diselenggarakan di Vietnam pada 2003. Kemenangan itu juga diikuti istri Ruchyat yang juga bagian dari timnas Indonesia untuk SEA Games itu.