Viral, Indonesia Pakai Bendera Thailand di Perolehan Medali SEA Games

Kesalahan bendera di perolehan medali SEA Games
Sumber :
  • twitter

VIVA – Sebuah foto perolehan medali SEA Games 2021 menjadi viral di media sosial. Penyebabnya, terdapat banyak kesalahan bendera dari negara-negara peserta. Seperti Indonesia yang digambarkan dengan bendera Thailand.

Ini Sosok Wasit yang Pimpin Duel Timnas Indonesia U-23 Vs Australia, Kontroversial Lagi?

Kemudian, dalam klasemen perolehan medali, terlihat bendera Malaysia dan Singapura saling bertukar, dengan Malaysia di posisi kedua sedangkan Singapura di posisi kelima.

Kesalahan bendera juga terjadi di Vietnam, Filipina, Thailand, Brunei, Kamboja, Laos, dan Myanmar. Dalam foto tersebut,  hanya bendera Myanmar dan Timor Laste yang ditampilkan dengan benar.

Dulu Bawa Indonesia Sabet Emas SEA Games, Pramudya Kusumawardana Kini Bela Australia

Usut punya usut, foto viral itu berasal dari stasiun televisi berita yang berbasis di Singapura, CNA dalam segmen Asia First sekitar pukul 07.50 pada hari Kamis 12 Mei 2022. 

Stasiun televisi yang berbasis di Queenstown, Singapura itu mengatakan dalam sebuah pernyataan di halaman Facebook-nya bahwa insiden yang tidak disengaja itu terjadi di “Kesalahan itu diposting selama sekitar 25 detik.

Gelar Rakernas, PB Akuatik Indonesia Susun Rencana Mulai PON 2024 Menuju Prestasi Dunia

“Kesalahan ini telah diperbaiki untuk update SEA Games berikutnya selama Asia First, termasuk memposting permintaan maaf.

"Kami sangat menyayangkan hal ini terjadi. Tidak memenuhi standar profesional yang diharapkan dari kami dan mohon maaf yang sebesar-besarnya kepada penonton kami,” ujarnya dalam keterangannya hari ini.

SEA Games akan berlangsung di Hanoi, Vietnam pada 12-23 Mei. Sejauh ini Vietnam memimpin dengan 33 medali, sedangkan Malaysia di peringkat kedua dengan 23 medali.

Adapun Indonesia di tempat ketiga dengan perolehan 3 emas, dan empat medali perak. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya