Medali Emas SEA Games 2021, Rahmat Erwin Abdullah Jadi PNS

Lifter Indonesia, Rahmat Erwin Abdulah di SEA Games 2021
Sumber :
  • NOC INDONESIA/MP MEDIA/EVAN ANDRAWS

VIVA – Lifter Indonesia, Rahmat Erwin Abdullah mempersembahkan medali emas SEA Games 2021. Turun di kelas 73kg putra, dia keluar sebagai yang terbaik pada Sabtu 21 Mei 2022.

17 Atlet Indonesia Pastikan Tiket ke Olimpiade 2024, Berikut Daftarnya

Keberhasilan Rahmat Erwin tak cuma meraih medali emas. Sebab, dalam kesempatan ini dia juga berhasil mempertajam rekor angkatan, yakni snatch 15kg dan 190 kg clean & jerk.

Pada SEA Games 2019 Filipina, angkatannya di snatch adalah 145kg sedangkan clean & jerk seberat 177kg. Peningkatan yang drastis dari Rahmat Erwin.

Rizky Juniansyah Lolos ke Olimpiade 2024 Paris, Angkat Besi Punya 2 Wakil

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali yang menyaksikan pertandingan, Rahmat Erwin akan diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Niat yang sudah ada sejak beberapa waktu lalu, namun terkendala usia.

"Tadinya, kan kita mau jadikan Rahmad sebagai PNS tetapi usianya belum cukup. Sekarang, dia akan jadi PNS seperti Eko Yuli Irawan," kata Amali saat berbicara langsung dihadapan Rahmat Erwin dan ayahnya.

Sabet Tiket Olimpiade 2024, Eko Yuli Irawan Bikin Sejarah Baru

Janji dari Amali itu disambut dengan gembira oleh Rahmat Erwin. Akhirnya dia bisa mencapai impian, dan kelak punya dana pensiun sebagai PNS.

Lifter Indonesia, Rahmat Erwin Abdulah di SEA Games 2021

Photo :
  • NOC INDONESIA/MP MEDIA/EVAN ANDRAWS

"Mantap. Saya akan jadi PNS yang bakal punya pensiun. Pak Menteri kan tadi sudah bicara di depan saya dan ayah," ujar pria berusia 21 tahun tersebut.

Jelang keberangkatan ke SEA Games 2021, Amali sudah meminta kepada Rahmat Erwin untuk menampilkan kemampuan terbaik. Dan sekarang bisa diwujudkan.

"Saya memang meminta Rahmat untuk bisa menunjukkan dirinya lifter kelas dunia saat acara kunjungan di pelatnas angkat besi di Kwini Jakarta Pusat.  Dan, permintaan itu bisa diwujudkannya," tutur Amali. 


Kerja keras Rahmat Erwin akan terus berlanjut. Menurut Amali, masih ada tantangan yang mesti dihadapi, yakni kualifikasi Olimpiade 2024 Paris. Dia berharap sang atlet bisa meningkatkan performa dan menjadi andalan Indonesia merebut medali.

"Saya minta Rahmat untuk mempersiapkan diri untuk menghadapi babak kualifikasi Olimpiade 2024 Paris. Karena, cabang olahraga (cabor) angkat besi merupakan cabor unggulan yang masuk dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON)," kata Menpora Amali. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya