Menembak Juara Umum SEA Games 2021, Bidik Olimpiade 2024

2 petembak Indonesia, Fathur Gustafian dan Dewi Laila Mubarokah
2 petembak Indonesia, Fathur Gustafian dan Dewi Laila Mubarokah
Sumber :
  • ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRA

VIVA – Timnas Menembak Indonesia berhasil meraih prestasi maksimal di SEA Games 2021 Vietnam. Bagaimana tidak, tim Merah Putih berhasil meraih status juara umum di cabang olahraga menembak.

Status tersebut disandang Indonesia usai menambah raihan dua medali emas dan satu medali perak pada hari terakhir pertandingan yang digelar di Hanoi National Sports Training Centre, Minggu 22 Mei 2022. Emas disumbangkan Anang Yulianto (25 meter standar pistol putra) dan Muhammad Sejahtera Dwi Putra (10 meter running target putra).

Perak diberikan trio M Chuwai Zam/M Sejathera Dwi Putra/Irfandi Julio yang turun di nomor 10m running target team putra.  

Persembahan mereka membuat Tim Menembak Indonesia mendapatkan 8 emas, 6 perak, dan 2 perunggu. Jumlah tersebut melampaui pencapaian di SEA Games 2019.

Manajer Tim Menembak Indonesia, Arh Candy Christian Riantori sangat puas dengan hasil ini. Ia merasa persiapan matang yang telah disusun tidak sia-sia.

"Sebetulnya hasil ini tidak diraih semudah membalik telapak tangan. Kami menjalankan program latihan yang ketat dan keras sejak proses seleksi," kata Candy dalam keterangan pers NOC Indonesia.

Candy juga menerangkan jika hasil ini juga diraih berkat pelatnas yang dikombinasikan dengan mengikuti kejuaraan-kejuaraan dunia dan regional. Termasuk ke Budapest merupakan kiblat cabor menembak.