Peran Menpora di Balik Sejarah Manis Timnas Basket di SEA Games 2021

Menpora Zainudin Amali mengunjungi ruang ganti Timnas Basket putra di SEA Games 2021
Sumber :
  • Kemenpora

VIVA – Timnas Basket Putra Indonesia akhirnya berhasil mengakhiri puasa medali emas SEA Games. Itu setelah mereka berhasil mengalahkan Filipina 85-81 pada laga terakhirnya di cabang olahraga basket 5x5 putra SEA Games 2021 Vietnam yang digelar di Thanh Tri Gymnasium, Minggu 22 Mei 2022.

Ini Sosok Wasit yang Pimpin Duel Timnas Indonesia U-23 Vs Australia, Kontroversial Lagi?

Berada satu grup dengan enam negara lainnya dan berkompetisi dengan format round robin, Arki Dikania Wisnu cs berhasil menyapu bersih seluruh kemenangan. Mereka pun berhak menyabet medali emas lantaran poinnya sudah tak mungkin lagi dikejar.

Ternyata, ada satu kunci kemenangan yang didapat Timnas basket putra sebelum pertandingan digelar. Mereka mendapatkan motivasi yang diberikan langsung oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Indonesia, Zainudin Amali.

Dulu Bawa Indonesia Sabet Emas SEA Games, Pramudya Kusumawardana Kini Bela Australia

Ya, Menpora Amali sempat memberikan semangat di kamar ganti Timnas basket putra yang akan menghadapi Filipina di laga terakhir.

"Terima kasih saya ucapkan kepada seluruh pemain yang sudah berjuang sampai di laga terakhir hari ini, karena nanti pertandingan yang menentukan medali emas, saya minta pemain untuk tidak emosi di lapangan. Bermain lepas saja dan berikan yang terbaik," ujar Menpora Amali dikutip situs resmi Kemenpora.

Red Sparks Vs Indonesia All Stars, Tim Korea Selatan Tak Mau Main-main

Motivasi tersebut nyatanya berdampak positif. Timnas basket putra akhirnya bisa mencatatkan sejarah manis dengan merebut medali emas pertamanyaSementara Timnas basket putri Indonesia juga turut menyumbang medali SEA Games 2021. Mereka membawa pulang perak.

Pada laga terakhir, Indonesia putri menang atas Singapura dan membuat rekor menang-kalah 4-1 di klasemen grup.

Rekor tersebut sama dengan yang dimiliki oleh Filipina. Akan tetapi, Filipina unggul secara head to head atas Indonesia.

Indonesia kalah dari Filipina pada pertemuan di SEA Games 2021. Adapun satu kekalahan Filipina kalah dari Malaysia. di kancah SEA Games sekaligus memutus dominasi Filipina.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya