Peran Menpora di Balik Sejarah Manis Timnas Basket di SEA Games 2021

Menpora Zainudin Amali mengunjungi ruang ganti Timnas Basket putra di SEA Games 2021
Menpora Zainudin Amali mengunjungi ruang ganti Timnas Basket putra di SEA Games 2021
Sumber :
  • Kemenpora

VIVA – Timnas Basket Putra Indonesia akhirnya berhasil mengakhiri puasa medali emas SEA Games. Itu setelah mereka berhasil mengalahkan Filipina 85-81 pada laga terakhirnya di cabang olahraga basket 5x5 putra SEA Games 2021 Vietnam yang digelar di Thanh Tri Gymnasium, Minggu 22 Mei 2022.

Berada satu grup dengan enam negara lainnya dan berkompetisi dengan format round robin, Arki Dikania Wisnu cs berhasil menyapu bersih seluruh kemenangan. Mereka pun berhak menyabet medali emas lantaran poinnya sudah tak mungkin lagi dikejar.

Ternyata, ada satu kunci kemenangan yang didapat Timnas basket putra sebelum pertandingan digelar. Mereka mendapatkan motivasi yang diberikan langsung oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Indonesia, Zainudin Amali.

Ya, Menpora Amali sempat memberikan semangat di kamar ganti Timnas basket putra yang akan menghadapi Filipina di laga terakhir.

"Terima kasih saya ucapkan kepada seluruh pemain yang sudah berjuang sampai di laga terakhir hari ini, karena nanti pertandingan yang menentukan medali emas, saya minta pemain untuk tidak emosi di lapangan. Bermain lepas saja dan berikan yang terbaik," ujar Menpora Amali dikutip situs resmi Kemenpora.

Motivasi tersebut nyatanya berdampak positif. Timnas basket putra akhirnya bisa mencatatkan sejarah manis dengan merebut medali emas pertamanyaSementara Timnas basket putri Indonesia juga turut menyumbang medali SEA Games 2021. Mereka membawa pulang perak.

Pada laga terakhir, Indonesia putri menang atas Singapura dan membuat rekor menang-kalah 4-1 di klasemen grup.