4 Fakta Ajang Esports Termahal Dunia TI Dota Akan Digelar di Singapura

Dota 2
Sumber :
  • Instagram @dota2

VIVA – Turnamen tahunan Dota 2, The International 11 atau TI11, akan berlangsung di Singapura Oktober tahun ini. Akun resmi @DOTA2 milik Valve itu mengumumkan informasi terkait laga The International 11 di twitternya.

Berasa di Curug, Emak-emak Indonesia Gelar Tikar dan Makan Lesehan di Bandara Changi

1. Pertama kali digelar di Asia Tenggara

Meski sebelumnya Valve pernah menggelar The International di AS, Kanada, China, Jerman, dan Rumania, rupanya ini merupakan kali pertama kompetisi esports global menuju negara di Asia Tenggara.

10 Negara Paling Bahagia di Asia, Indonesia Peringkat Berapa?

2. Hadiah yang sangat fantastis

Valve menggoda acara yang akan datang dalam tweet tetapi tidak memberikan detail tambahan selain lokasi dan tanggal. Turnamen ini dikenal dengan hadiahnya yang sangat besar, dengan tim pemenang tahun lalu mendapatkan bagian dari kumpulan hadiah $40 juta. 

PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur dari Jabatan, Ini Sosok Penggantinya

Jumlah besar itu didanai oleh pembelian dalam game yang dilakukan oleh komunitas Dota 2 dan terus meningkat selama bertahun-tahun. 

3. Sempat mengadakan turnamen tanpa penonton

Setelah menunda acara 2020 di Stockholm, Swedia karena pandemi COVID-19, The International akhirnya membuat debut Swedia tahun lalu. Namun, masalah dengan otoritas Swedia menyebabkan rencana gagal, dan Valve harus memindahkan acara tersebut ke Bucharest, Rumania. 

Segalanya tidak berjalan seperti yang direncanakan di Bucharest, karena Valve akhirnya mengadakan kompetisi tanpa penonton langsung karena peningkatan kasus COVID-19. 

4. Akan diadakan saat musim gugur

Acara ini sekali lagi akan diadakan pada bulan Oktober, mengkonfirmasikan bahwa Valve akan mempertahankan jangka waktu yang digunakan untuk TI10. Fans juga memiliki lokasi pasti untuk panggung terbesar Dota 2 di akhir musim kompetisi saat ini Stadion Dalam Ruangan dan Suntec Arena.

Melansir dari dotesports, TI11 akan diadakan sekitar musim gugur ini, menyusul berakhirnya Sirkuit Dota Pro 2022, yang akan memasuki set ketiga kompetisi liga regional untuk Tur Musim Panas. Major terakhir musim ini akan diadakan di Arlington, Texas, dari 4 hingga 14 Agustus.

Meski sempat digelar tanpa penonton, namun belum diketahui apakah The International 2022 di Singapura nanti bakal bisa dihadiri langsung oleh penggemar atau akan digelar tanpa penonton seperti 2021 lalu. 

Mengingat kondisi pandemi Covid-19 di beberapa negara yang tampaknya mulai terkontrol, ada kemungkinan penggemar Dota 2 kini bisa menyaksikan secara langsung turnamen papan atas tersebut seperti sebelum pandemi melanda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya