Menpora Pastikan Bonus Bagi Atlet Indonesia Peraih Medali di SEA Games

Menpora Zainudin Amali
Menpora Zainudin Amali
Sumber :
  • VIVA/Adi Suparman

VIVA – SEA Games 2021 resmi di tutup, sejumlah atlet dari berbagai negara di Asia Tenggara sudah meninggalkan Vietnam termasuk Indonesia. Sekarang giliran pemerintah yang bekerja, Kementerian Pemuda dan Olahraga bakal memberikan apresiasi kepada atlet yang berprestasi di ajang olahraga dua tahunan tersebut.

Untuk diketahui, Indonesia di ajang SEA Games 2021 finis di posisi ke-3 dengan total 69 medali emas, 92 perak dan 80 perunggu. Kontingen Indonesia ada di bawah Vietnam dan Thailand yang masing-masing di peringkat pertama dan kedua.

Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali merasa puas dengan pencapaian kontingen Indonesia. Pasalnya dalam ajang SEA Games 2021 ini, jumlah atlet yang diberangkatkan lebih sedikit dibandingkan SEA Games 2019 lalu di Filipina (finis posisi empat).

"Dibandingkan SEA Games Filipina sebelumnya, jumlah atlet yang berangkat berbeda. Di Filipina ada 800 atlet sementara di SEA Games 2021 hampir separuhnya lebih sedikit namun alhamdulilillah medali yang didapat sudah sesuai harapan dan masuk posisi tiga besar," kata Amali ketika ditemui di Bandar Udara Soekarno Hatta, Senin malam WIB 23 Mei 2022.

Lebih lanjut atas pencapaian tersebut, Amali menyebut akan menyiapkan apresiasi bagi atlet yang berprestasi. Mengenai besarannya, belum diketahui.

"Tentu akan ada bentuk apresiasi untuk atlet yang meraih medali di SEA Games," kata dia.