Timnas Basket Indonesia Pertahankan Duet Toro-Milos

Timnas Basket Indonesia
Sumber :
  • indonesiabasketball.or.id

VIVA – Timnas Basket Indonesia baru saja mencatat sejarah gemilang di ajang SEA Games 2021. Mereka membawa pulang medali emas setelah menyisihkan Filipina dari persaingan.

Pemain Pelita Jaya Yesaya Saudale Ungkap Sepatu Andalannya di Luar Lapangan

Sekembali dari SEA Games 2021, para pemain sudah dituntut untuk bersiap lagi. Mereka diharapkan bisa kembali mengukir sejarah saat tampil di FIBA Asia Cup 2022 pada 12-24 Juli mendatang.

Manajer Timnas Basket Indonesia putra, Jeremy Imanuel Santoso mengatakan, dalam persiapan menuju FIBA Asia Cup 2022, komposisi pelatih di SEA Games 2021 dipertahankan. Mereka adalah Rajko Toroman dan Milos Pejic.

Jerome Anthony Beane Bisa Tampil di IBL 2024 Sejak Awal Musim

Toro yang memiliki spesialisasi menyerang berduet dengan Milos sebagai peracik pertahanan tangguh. Kolaborasi mereka terlihat bagus saat Timnas Basket Indonesia tampil di SEA Games 2021.

"Untuk FIBA Asia Cup kita akan tetap memakai komposisi kepelatihan sama dengan SEA Games karena melihat kesuksesan mereka di SEA Games," ujar Jeremy.

Pemain Naturalisasi dan Pelatih Timnas Basket Boleh Gabung Klub di IBL

Duet Toro-Milos berhasil mematahkan dominasi Filipina dalam basket Asia Tenggara. Semua laga disapu bersih dengan kemenangan oleh Timnas Basket Indonesia di SEA Games 2021.

Timnas Basket Indonesia meraih medali emas di SEA Games 2021

Photo :
  • Tangkapan layar

Raihan medali emas sejak keikutsertaan basket Indonesia di SEA Games pada 1977 akhirnya bisa dicapai. Jeremy menilai para pemain dan pelatih sudah semakin mengerti satu sama lain.

"Para pemain dan pelatih sudah satu visi bahwa dari awal target besar tim ini adalah membuat sejarah dengan qualified ke FIBA World Cup. Jadi pengorbanan kita belum selesai hingga mendapatkan tiket ke World Cup," terang Jeremy.

Saat ini para pemain sedang dikembalikan kebugarannya setelah bertarung habis-habisan di SEA Games 2021. Mereka cuma diberi waktu istirahat selama enam hari.

"Jadi sepekan ini kita fokus latihan untuk kembalikan kondisi fisik pemain setelah libur 6 hari. Kemudian akan berlanjut membangun cehmistry antarpemain untuk hadapi FIBA Asia Cup. Target kita lolos 8 besar. Itu target besar kita. Dengan begitu kita qualified ke World Cup," tuturnya.

Timnas Basket Indonesia rencananya juga akan diterbangkan ke Australia untuk menjalani try out. Selama dua pekan mereka di sana, ada 10 uji coba yang akan dijalani.

Diamond Valley Eagles, Keilor Thunder, Eltham Wildcats, Waverley Falcons, dan Sunshine Coast Phoenix sudah masuk dalam daftar. Lalu ada juga jadwal uji coba dengan Centre of Excellence, Southern Districts Spartans, Ipswich Force, dan Brisbane Capitals.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya