Ada Michael Jordan, Ini 5 Pemain Basket Terkenal di Dunia NBA

Michael Jordan
Sumber :
  • Nba.com

VIVA – Pemain basket yang terkenal, Basket merupakan salah satu olahraga bola besar yang dimainkan oleh dua tim, masing-masing tim terdiri dari lima orang. Nantinya, tim kedua harus memasukkan bola ke dalam ring lawan. Selain itu, basket juga telah menjadi olahraga favorit kebanyakan orang.

5 Negara dengan Perusahaan Domestik Terbanyak di Dunia, Cina Paling Unggul

kompetisi yang cukup menarik perhatian publik dan sangat diminati oleh pencinta basket. Salah satu kompetisi tersebut adalah National Besketball Association atau yang lebih dikenal dengan sebutan NBA. NBA sendiri merupakan liga bola basket profesional di Amerika Utara.

Kali ini Viva merangkum 5 pemain basket yang terkenal di Dunia NBA yang dikutip dari berbagai sumber sebagai berikut:

Umat Islam Dunia Rayakan Idul Fitri 1445 H dengan Penuh Semangat

1. Michael Jordan

Michael Jordan dan Scottie Pippen

Photo :
Deretan 5 Brand Perbankan Terkuat di Dunia, BCA Menempati Posisi Pertama

Pemain basket terbaik di dunia yang pertama adalah Michael Jordan. Siapa pun pasti mengenalnya, baik pencinta basket maupun bukan. Namanya kerap kali disebut karena kemampuan bermain basketnya yang luar biasa. Pemilik nama lengkap Michael Jeffrey Jordan ini lahir di Amerika pada 17 Februari 1963.

Dalam, Michael Jordan sudah enam kali merebut NBA bersama kelompok Chicago Bulls sekitar tahun 1991-1993 dan tahun1996-1998). Kemudian, Jordan bergabung di NBA pada tahun 1984 dan di klub Chicago Bulls hingga 1998.

Tidak hanya itu, Jordan juga meraih 5 penghargaan Most Valuable Player (MVP) dan meraih 10 kali pencetak skor terbanyak dalam satu musim.

Sayangnya, pada tahun 2003, Jordan memutuskan pensiun dari dunia basket setelah bergabung dengan Washington Wizards selama dua tahun. Setelah itu, Jordan menjadi pengusaha sebagai pemilik Bobcats dan bisnis properti.

2. Kobe Bryant

Mendiang Kobe Bryant saat masih membela Los Angeles Lakers

Photo :
  • Aljazeera.com

Kobe berhasil ditampilkan juara untuk L.A Lakers sebanyak lima kali dan keempat pemain NBA yang paling banyak mencetak skor dengan total 31.617 poin.

Pemilik nama Kobe Bean Bryant ini lahir pada 23 Agustus 1978 di Philadelphia, Amerika Serikat. Pada liga Most Valuable Player (MVP) tahun 2007-2008, Kobe berhasil mendapat gelar Most Valuable Player (MVP) selama dua kali pada ajang Final NBA.

Kobe selama 20 tahun selama hidupnya dengan bermain basket di National Basketball Association (NBA) dan Los Angeles Lakers.

Hingga kemudian, Kobe memutuskan hengkang dari dunia basket pada tahun sekitar 2015-2016 karena kondisi fisiknya yang mulai menurun.

Di pertandingan terakhirnya, yakni pada tahun 2016, Kobe mencetak 60 poin melawan Utah Jazz. Kobe Bryant meninggal pada 26 Januari 2020 akibat kecelakaan helikopter di California menuju Mamba Academy bersama putrinya, Gianna Bryant.

3. Magic Johnson

Magic Johnson

Photo :
  • themavenreport.com

Magic Johnson merupakan salah satu pemain basket yang berperan sebagai point guard terbaik sepanjang masa. Dalam sejarah di NBA, belum ada yang bisa menyeimbangi kekuatan Johnson.

Selain mendapatkan gelar point guard terbaik, Johnson juga meraih penghargaan sebagai Most Valuable Player (MVP) terbaik. Tidak hanya itu, Johnson juga berhasil tampil dalam final NBA sebanyak 9 kali, yang disusul dengan 12 All-Star Games, serta masuk ke All-NBA First dan Second Team sebanyak 10 kali.

Dengan kemampuannya yang luar biasa itu, Magic Johson mampu mencetak skor sebanyak 17.707 poin, 6.559 rebound, dan 10.141 assist, serta 1.724 steal selama hidupnya saat masih aktif bermain di NBA.

4. William Felton

William Felton Russell atau yang lebih dikenal Bill Russell merupakan seorang pemain basket yang berhasil membawakan Boston Celtics menjadi juara NBA 11 kali dalam 13 tahun.

Dengan rekor tersebut, Russell menjadi pemain yang meraup cincin juara terbanyak di NBA dan hingga saat ini belum ada pemain NBA yang bisa menyamainya.

Dalam profesionalnya di NBA bersama Boston Celtics, Bill Russell telah berpartisipasi dalam sebanyak 963 permainan, mencetak poin 14.522, 21.620 rebound, dan 4.100 assist.

Selain piawai dalam mencetak skor, pemain basket kelahiran 12 Februari 1934, di Monroe, Louisiana, ini juga menjadi inspirasi utama rekan-rekannya di lapangan.

5. Kareem Abdul-Jabbar

Pemain LA Lakers, Kareem-Abdul Jabbar dan Magic Johnson

Photo :

Kareem Abdul-Jabbar masih menyandang sebagai pemain yang memegang rekor dan mencetak poin terbanyak sepanjang sejarah, yakni 38.387 poin. Jumlah tersebut melebihi jumlah rekor yang telah dicapai oleh Michael Jordan. Di mana selisih nya kurang lebih 6000 poin.

Pada tahun 1970-an, Kareem Abdul-Jabbar berhasil meraih 6 gelar MVP dan 6 gelar liga. Selain itu, bersama dengan Magic Johnson, Kareem Abdul-Jabbar dikenal sebagai generasi terbaik LA Lakers yang berhasil membawa tim memasuki masa kejayaan.

Kareem Abdul-Jabbar menentukan karier profesionalnya pada tahun 1989 pada usia 42 tahun. Meski begitu, Kareem Abdul-Jabbar masih diakui secara internasional sebagai salah satu ahli bola basket dengan posisi center terbaik di dunia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya