Keseriusan KONI Tingkatkan Kualitas Sarana Olahraga Tanah Air

KONI Pusat bekerja sama dengan konsultan olahraga Labo Sport Asia Limited
KONI Pusat bekerja sama dengan konsultan olahraga Labo Sport Asia Limited
Sumber :
  • KONI

VIVA Sport – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat semakin menunjukkan perhatiannya pada peningkatan kualitas sarana dan prasarana olahraga di Tanah Air.

Untuk itu, mereka melakukan kerja sama dengan salah satu konsultan ternama terkait hal tersebut, yakni Labo Sport Asia Limited.

Peresmian kerja sama dilakukan dengan penandatanganan MoU (nota kesepahaman) yang dilakukan di Kantor KONI Pusat, Jakarta, Jumat 24 Juni 2022.

KONI diwakili langsung oleh Ketua Umum Marciano Norman. Sedangkan, Labo Sport diwakili oleh Managing Director Asia Olivier Ducroqco.

Sebagai konsultan perencanaan pembangunan venue olahraga, Labo Sport siap mendukung Indonesia memiliki sarana dan prasarana olahraga dengan akreditasi dari federasi internasional cabang olahraga. Dengan akreditasi internasional itu, syarat penyelenggaraan kompetisi kelas dunia sudah terpenuhi.

Labo Sport juga memiliki pengalaman segudang dengan ikut berkontribusi pada Olimpiade 2004, 2008, 2012, dan 2020.

Ke depan, kerja sama keduanya akan melahirkan laboratorium di Tanah Air yakni Labo Sport Indonesia, yang mana Labo Sport akan mendukung beberapa peralatan. 

“Venue yang memang disiapkan oleh cabang olahraga untuk melakukan kejuaraan-kejuaraan dunia kita berharap itu semua bertaraf internasional dan itu semua di sertifikasi oleh Labo Sport sebagai salah satu yang mendapat kepercayaan dari badan-badan olahraga dunia,” kata Marciano.

Pada sambutannya, Ketum KONI Pusat menyinggung pentingnya sarana dan prasarana berstandar internasional. Ia menyinggung pemecahan rekor dunia panjat tebing pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2021 di Papua namun tidak diakui federasi internasional karena belum tersertifikasi internasional.

“Itu mengapa kami melakukan penandatanganan kerja sama dengan Labo Sport. Bersama-sama, cabang olahraga dengan KONI Pusat menggerakkan pengusaha di bidang sarana dan prasarana olahraga untuk diangkat membuat produk berstandar internasional,” jelas dia.

Olivier Ducroqco sampaikan apresiasinya kepada KONI Pusat dan bertekad mendukung peningkatan olahraga Indonesia. Pasalnya, ia melihat Indonesia memiliki ambisi untuk maju. “Saya percaya Indonesia memiliki ambisi sangat kuat dalam mengembangkan olahraga dan industri olahraga,” ucap Ducroqco.

Perwakilan induk cabang olahraga yang hadir pun memberikan apresiasi. Ketum PP Perbasi, Kho Poo Thai atau Danny Kosasih, yang hadir secara langsung menyambut baik kerja sama KONI Pusat dan Labo Sport.

“Kami sangat menyambut baik kerja sama ini, supaya semua bertaraf internasional, minimal nasional agar berprestasi, menjadi kebanggaan dan diakui internasional,” ujarnya.