Ditarget 2 Kemenangan, Pelatih Timnas Basket Indonesia Mau Sapu Bersih

Timnas Basket Indonesia
Sumber :
  • indonesiabasketball.or.id

VIVA Sport – Timnas Basket Indonesia menargetkan posisi delapan besar pada ajang Piala Asia Basket 2022. Demi mewujudkan target tersebut, PP Perbasi mematok tim Merah Putih meraih dua  kemenangan pada fase grup.

Perbasi Apresiasi Sukses Pelita Jaya Tembus Babak Utama BCL Asia

Sebagai tuan rumah, Indonesia otomatis menjadi salah satu peserta Piala Asia Basket 2022. Tim asuhan Rajko Toroman itu tergabung di Grup A bersama Arab Saudi, Yordania, dan Australia.

Indonesia harus mencapai babak delapan besar jika ingin tampil di putaran final Piala Dunia Basket 2023. Maka itu, mereka harus berjuang keras merebut setidaknya dua kemenangan.

Pemain Pelita Jaya Yesaya Saudale Ungkap Sepatu Andalannya di Luar Lapangan

Jika bisa menyapu bersih kemenangan dan keluar sebagai juara Grup A, Indonesia akan langsung ke babak perempat final dan memastikan tiket Piala Dunia Basket 2023. 

Masalahnya, Indonesia tergabung dengan Australia yang notabene berstatus juara bertahan. Berangkat dari fakta tersebut, target finis di posisi kedua atau ketiga menjadi hal yang realistis demi tiket playoff.

Jakarta Tuan Rumah Liga Champions Asia Basket 2024

Andai nanti Indonesia mendapatkan dua kemenangan, Marques Bolden cs hampir pasti merebut runner up Grup A. 

Posisi kedua menjadi sangat ideal bagi Indonesia lantaran tim Merah Putih bakal berhadapan dengan penghuni peringkat ketiga Grup B yang diprediksi adalah Taiwan.

Sementara, jika Indonesia menempati posisi ketiga, berpotensi menghadapi lawan lebih berat, yakni Korea Selatan.

"Kami menargetkan menang dua kali. Nggak mau mepet-mepet harus dua kali menang," ucap manajer Timnas Basket Indonesia, Jeremy Santoso.

Di sisi lain, sang juru taktik justru mengincar target yang lebih tinggi. Dia berambisi menyapu bersih tiga kemenangan demi mengunci tiket lolos ke delapan besar dan tampil di Piala Dunia Basket 2023.

"Saya menargetkan tiga kemenangan (di penyisihan grup). Dengan tiga kemenangan Indonesia aman ke perempat final dan lolos ke Piala Dunia," ucap pelatih asal Serbia.

Piala Asia Basket 2022 akan digelar di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, pada 12-24 Juli 2022.

Sebelum itu, Indonesia akan menghadapi Kualifikasi Piala Basket 2023 kontra Arab Saudi (1/4) dan Yordania (4/7). Dua laga ini juga akan dilangsungkan di Istora GBK.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya