Luncurkan TIIS, PBTI Mulai Digitalisasi untuk Kelola Organisasi

Menpora Zainudin Amali hadiri peluncuran aplikasi TIIS
Menpora Zainudin Amali hadiri peluncuran aplikasi TIIS
Sumber :
  • Kemenpora

VIVA Sport – Pengurus Besar Taekwondo Indonesia (PBTI) melakukan terobosan dalam mengelola organisasi. Mereka meluncurkan sebuah aplikasi atau platform digital bernama Taekwondo Indonesia Integrated System (TIIS).

Sebagai kebijakan strategis dari PBTI, aplikasi yang dirilis secara nasional ini berfungsi sebagai layanan administrasi dan data terpadu untuk seluruh kebutuhan ativitas taekwondo.

Termasuk di antaranya sebagai database keanggotaan taekwondo dan untuk mengetahui sejauh mana populasi serta perkembangan olahraga beladiri ini di Indonesia.

Program tersebut mulai diinisiasi sejak tiga tahun lalu setelah mempertimbangkan era digitalisasi yang mengubah pola dan gaya hidup masyarakat Indonesia termasuk di dalamnya atlet taekwondo.

Akhirnya, TIIS dimatangkan pada Rapat Kerja Nasional Januari 2022 yang kemudian berlanjut pada tahap persiapan, sosialisasi, hingga uji coba.

"Aplikasi ini melibatkan pakar taekwondo untuk mengevaluasi tiap tahapan untuk maju ke tahapan berikutnya. Alhamdulillah, semuanya sudah dilewati tinggal pelaksanaan," kata Ketua Umum PBTI, Thamrin Marzuki, di Jakarta, Rabu 6 Juli 2022.

"TIIS ini akan menyediakan berbagai sarana kebutuhan yang berguna untuk mengetahui sejauh mana data kuantitatif dan analisis potensi sumber daya, baik atlet, pelatih, dan wasit taekwondo Indonesia," jelasnya.