IESPA Jadikan FORNAS Saluran Atlet Amatir Menuju Timnas

Ketua Umum PN IESPA, Ibnu Riza
Sumber :
  • Dok. IESPA

VIVA – Festival Olahraga Rekreasi Nasional (FORNAS) VI/2021 Palembang, Sumatera Selatan rampung pada Kamis 7 Juli 2022. Ini merupakan penampilan ketiga Induk Organisasi (INORGA) Esports memeriahkan multi even rekreasi terbesar di Tanah Air.

KORMI Sumut Kumpulkan 15 Medali Emas di FORNAS 2023

Penyelenggaraan berlangsung dalam dua hari dan INORGA Esports dinilai sukses. Bukan cuma panggung standar internasional yang disiapkan, tapi juga pengelolaan pertandingan secara profesional.

Kesuksesan INORGA Esports tidak membuat  Ketua Umum Pengurus Nasional Indonesia Esports Association (PN IESPA), RM Ibnu Riza Pradipto merasa puas. Sebab, dia merasa punya tanggung jawab membangun prestasi atlet Esports Indonesia ke depan dengan posisinya sebagai Ketua Badan Tim Nasional (BTN) Esports Indonesia.

Fornas Esports 2023 Penuh Inspirasi

Tugas yang diberikan Ketua Umum Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI), Budi Gunawan coba dijawabnya dengan membuat terobosan bagaimana FORNAS sebagai wadah ajang kompetisi amatir bisa memunculkan atlet-atlet Esports potensial. Sehingga nantinya mereka bisa jadi andalan Indonesia di ajang internasional.

"IESPA itu kan menginduk kepada PB ESI. Konsekuensinya, IESPA harus siap berkolaborasi dalam menopang program pembinaan PB ESI. Dan, saya sebagai Ketua BTN Esports Indonesia punya tanggung jawab untuk meningkatkan prestasi atlet Esports Indonesia ke depan," kata Ibnu.

FORNAS VII 2023 Jabar, Perolehan Medali Kontingen Jawa Barat Tak Terkejar

Untuk itu IESPA akan memasukkan nomor-nomor yang dipertandingkan pada SEA Games dan Asian Games dalam FORNAS VII/2023 Bandung, Jawa Barat mendatang.

"Di FORNAS VII/2023 Bandung, kita akan coba menambahkan nomor-nomor Esports di SEA Games dan Asian Games. Jadi, FORNAS sebagai ajang kompetisi amatir untuk menjaring atlet-atlet Esports potensial. Dengan kata lain, FORNAS menjadi salah satu saluran bagi atlet amatir untuk tampil mewakili Indonesia di ajang internasional," jelasnya.

Ketua Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Lampung, Anshori Djausal mendukung keinginan IESPA menambah nomor-nomor SEA Games dan Asian Games pada FORNAS VII/2023 Bandung.

"Ya, FORNAS ini bukan hanya sekadar olahraga rekreasi tetapi juga bisa dijadikan saluran bagi atlet-atletnya untuk memperkuat Kontingen Indonesia. Dan, KORMI Lampung siap mendukung program IESPA," tegasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya