Arab Saudi Dihajar Yordania, Indonesia Tampil di Playoff 8 Besar

Andakara Prastawa (Timnas Basket Indonesia) saat melawan Arab Saudi
Sumber :
  • FIBA Basketball

VIVA Sport – Timnas Basket Arab Saudi dipastikan tersingkir lebih awal dari Piala Asia Basket 2022. Kepastian itu didapat usai Arab Saudi ditumbangkan Timnas Basket Yordania pada laga terakhir Grup A.

Tiba di Mongolia, Pelita Jaya Geber Persiapan Sambut BCL Asia

Bermain di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Sabtu 16 Juli 2022, Arab harus menyerah dengan skor 64-74. Hasil ini membuat Arab sama sekali tak membukukan kemenangan selama babak penyisihan grup Piala Asia Basket 2022.

Torehan minor yang didapat Arab sekaligus jadi kabar baik bagi Indonesia lantaran mereka memastikan kelolosan ke babak playoff untuk memperebutkan satu tiket ke babak perempat final. Namun, tim Merah Putih masih menunggu lawan dari perwakilan Grup B.

Jakarta Tuan Rumah Liga Champions Asia Basket 2024

Jalannya Pertandingan

Arab sejatinya mampu bermain baik di awal laga. Meski Ahmad Al Dwairi mampu membuka poin di laga ini untuk Yordania, tapi Arab bisa membalikkan keadaan jadi 9-4 berkat tembakan tiga angka Mathna Almarwani.

Harapan Perbasi kepada Pelita Jaya dan Prawira Bandung yang Mentas di Liga Champions Asia Basket

Arab terus menjaga konsistensinya dalam mengontrol permainan di kuarter pertama. Tembakan dua angka Thamer Mahmoud A Mohammed bahkan membuat mereka menjauh 19-6 atas Yordania.

Mulai dari situ, Yordania bangkit dan mulai mendulang poin demi poin. Hingga akhirnya mereka hanya tertinggal dua angka 19-21 di akhir kuarter pertama.

Yordania mulai menunjukkan tanda-tanda kebangkitan di kuarter kedua. Dengan cepat mereka meninggalkan Arab 30-23.

39 detik sebelum kuarter kedua berakhir, Freddy Ibrahim membuat dua angka dari layup yang membuat duel berakhir 39-28 untuk keunggulan Yordania.

Yordania makin digdaya selepas jeda. Dipimpin Ahmad Al Dwairi dan Amin Abu Hawwas, mereka mengacak-acak pertahanan Arab Saudi.

Yordania berhasil menambah 20 angka dan menutup kuarter ketiga dengan skor 59-43.

Meski tertinggal, Arab coba mengejar di kuarter keempat. Tapi, Yordania masih terlalu tangguh untuk sekadar menyamakan kedudukan.

Yordania pun keluar sebagai pemenang di laga ini dengan keunggulan 74-64. Arab pun kembali takluk untuk ketiga kalinya dan tersingkir dari Piala Asia Basket 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya