Timnas Basket Indonesia Hancur Lebur di Tangan Australia

Timnas basktet Indonesia di Piala Asia Basket 2022
Sumber :
  • FIBA Asia Cup

VIVA Sport – Timnas Basket Indonesia harus menelan kekalahan keduanya secara beruntun dalam lanjutan Grup A Piala Asia Basket 2022. Tim Merah Putih dipaksa menyerah 78-53 dalam duel di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu 16 Juli 2022.

Jakarta Tuan Rumah Liga Champions Asia Basket 2024

Meski kalah, Indonesia tetap berhak tampil di playoff perempat final lantaran memiliki poin lebih baik dari Timnas Arab Saudi yang tak sekali pun merasakan kemenangan. Pasukan Milos Pejic masih menunggu lawan dari perwakilan Grup B antara China atau Taiwan.

Jalannya Pertandingan

Harapan Perbasi kepada Pelita Jaya dan Prawira Bandung yang Mentas di Liga Champions Asia Basket

Indonesia memulai laga dengan sangat apik di kuarter pertama. Tiga poin pertama disumbangkan Abraham Damar saat laga sudah berjalan dua setengah menit.

Lemparan tiga angka itu seakan memantik semangat para penggawa tim Merah Putih untuk semakin menggempur pertahanan Australia. Andakara Prastawa semakin menjauhkan Indonesia juga lewat tembakan tiga angka.

Kisah Pebasket Mualaf Ditentang Michael Jordan dan Diancam Dibunuh karena Lagu Kebangsaan

Prastawa kembali jadi motor serangan bersama dengan Marques Bolden. Indonesia pun menutup kuarter pertama dengan keunggulan 16-11.

Terkejut dengan agresivitas Indonesia, Australia meledak di kuarter kedua. Thon Maker dan Samson James Froling menjadi momok bagi pertahanan tim Merah Putih.

Australia pun berhasil menyamakan kedudukan 18-18. Mereka mencatatkan 23 poin di kuarter ini dan memimpin 34-24 pada paruh pertama pertandingan.

Duel makin sengit di kuarter ketiga. Indonesia dikurung oleh tim berjuluk Boomers itu. Thon Maker beberapa kali unjuk aksi slam dunk atau dengan drive ke paint area Indonesia.

Di sisi lain, Marques Bolden mulai sering mencatatkan poin di kuarter ketiga ini. Namun, upayanya itu masih belum cukup untuk sekadar menipiskan selisih angka.

Australia makin ganas dengan mengandalkan tembakan tiga angka. Mereka kembali menambah 23 poin dan menutup kuarter ketiga dengan 57-42.

Posisi Indonesia semakin terjepit di kuarter pamungkas. Tak banyak yang bisa dilakukan Arki Dikania Wisnu cs untuk sekadar memangkas jarak dengan Australia.

Indonesia pun dipaksa menyerah 78-53 dari Australia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya