Hal Ini jadi Fokus Timnas Basket Indonesia Dalam Persiapan Vs China

Timnas Basket Indonesia
Sumber :
  • FIBA Basketball

VIVA Sport – Timnas Basket Indonesia sudah mengetahui lawan yang akan dihadapi di babak playoff perempat final Piala Asia Basket 2022. Tim Merah Putih akan menghadapi Timnas Basket China demi memperebutkan satu tiket ke babak 8 besar.

Pemain Pelita Jaya Yesaya Saudale Ungkap Sepatu Andalannya di Luar Lapangan

China dipastikan menjadi lawan Indonesia setelah menghajar Taiwan 95-80 pada laga terakhir Grup B. Kemenangan itu memastikan China finis sebagai runner up Grup B dengan raihan lima poin.

Sementara, Indonesia harus puas menempati posisi ketiga Grup A usai ditumbangkan Australia dengan skor 78-53. Marques Bolden cs mengoleksi empat poin di klasemen akhir.

Jerome Anthony Beane Bisa Tampil di IBL 2024 Sejak Awal Musim

Seperti diketahui, hanya juara grup saja yang lolos langsung ke babak perempat final. Sementara, peringkat kedua dan ketiga harus menjalani playoff untuk bersaing memperebutkan empat slot tersisa.

Menjelang duel ini, pelatih Indonesia, Milos Pejic, sudah mempersiapkan menu latihan yang diharapkan mampu membawa tim Merah Putih bersaing dengan China. Salah satu fokus utamanya adalah mengasah mental.

Pemain Naturalisasi dan Pelatih Timnas Basket Boleh Gabung Klub di IBL

Timnas basktet Indonesia di Piala Asia Basket 2022

Photo :
  • FIBA Asia Cup

Ya, persiapan mental menjadi bagian penting agar pemain tak kalah sebelum bertanding. Pasalnya, China merupakan tim besar yang merupakan salah satu raja basket Asia.

"Persiapan mental, itu yang penting. Untuk laga sekelas kualifikasi dan babak gugur, mental itu paling penting," kata pelatih berpaspor Serbia itu.

"Soal fisik, kami sudah bagus dan saya harap semua pemain dalam kondisi yang sehat untuk laga nanti. Namun, tetap saja mental itu terpenting. Pikiran kami harus siap," tambahnya.

Lebih lanjut, Milos Pejic mengaku tak ingin membebankan anak-anak asuhnya dengan hasil. Dia akan membebaskan para pemain agar bisa mengeluarkan kemampuan maksimal.

"Saya ingatkan pada anak-anak untuk main lepas saja, apa pun yang terjadi di laga itu nanti," jelasnya.

Hal senada juga diungkapkan kapten tim, Arki Dikania Wisnu. Dia berharap rekan-rekannya tetap fokus dan berjuang semaksimal mungkin untuk mewujudkan target menembus 8 besar.

"Sekarang kami tinggal fokus ke laga selanjutnya, karena laga itu akan jadi laga yang paling besar sepanjang sejarah kami," jelasnya.

Meski berstatus sebagai tuan rumah, Indonesia tak serta-merta bisa lolos langsung ke putaran final Piala Dunia Basket 2023. Satu-satunya jalur tersisa untuk mentas di Piala Dunia Basket 2023 adalah dengan finis sebagai 8 besar di Piala Asia Basket 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya