Perbasi: Harapan Timnas Indonesia ke Piala Dunia Basket 2023 Masih Ada

Timnas Basket Indonesia
Timnas Basket Indonesia
Sumber :
  • FIBA Basketball

VIVA Sport – Optimisme tinggi diusung PP Perbasi perihal keikutsertaan Timnas Basket Indonesia di Piala Dunia Basket 2023. Mereka yakin tim Merah Putih bisa berlaga di turnamen terakbar empat tahunan itu.

Hal itu diungkapkan oleh Ketua Umum PP Perbasi, Danny Kosasih. Dia merasa masih banyak cara agar Indonesia bisa mentas di Piala Dunia Basket 2023.

Seperti diketahui, Indonesia sejatinya berstatus tuan rumah Piala Dunia Basket 2023 bersama dengan Jepang dan Filipina. Namun, tim Merah Putih tak langsung lolos lantaran peringkat dunianya berada di bawah.

Maka itu, FIBA memberikan Indonesia dua cara untuk melaju ke putaran final. Lewat jalur kualifikasi atau menyabet status delapan besar Piala Asia Basket 2022.

Sayangnya, Indonesia gagal mewujudkan target dari dua jalur tersebut. Itu dipastikan usai Marques Bolden cs ditumbangkan Timnas Basket China di playoff perempat final dengan skor telak 58-108 dalam duel di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Senin 18 Juli 2022.

Kendati demikian, Perbasi masih memiliki keyakinan bahwa Indonesia bisa tampil di Piala Dunia Basket 2023. Perbasi akan bernegosiasi dengan Federasi Basket Internasional (FIBA).

Perbasi berharap FIBA bisa mempertimbangkan nasib Indonesia mengingat venue selalu ramai ketika tim tuan rumah tampil.