Venue Megah Piala Dunia Basket, 10 Fakta Indoor Multifunction Stadium

Kunjungan Presiden FIBA Hamane Niang dan jajaran ke Indonesia Arena
Sumber :
  • VIVA/Pratama Yudha

VIVA Sport - Pemerintah Indonesia dan Kementerian Pekerjaan umum dan Perumahan Rakyat sedang melakukan pembangunan Indoor Multifunction Stadium (IMS) di sekitar komplek Gelora Bung Karno.

12 Fakta yang Diklaim Tak Terbantahkan Dibeberkan Kubu Ganjar-Mahfud pada Sidang PHPU

Tujuan pembangunan tersebut salah satu bentuk dukungan pelaksanaan Piala Dunia Basket yang akan digelar pada 2023 mendatang. Indonesia ditunjuk sebagai tuan rumah gelaran dunia basket.

Namun sayang Indonesia tidak bisa tampil di Piala Dunia Basket. setelah gagal lolos ke babak 8 besar Piala Asia Basket 2022, setelah ditumbangkan oleh China pada babak playoff menuju permpat final.

5 Fakta Menarik tentang Kucing Bengal

Pertandingan FIBA World Cup Qualifiers antara Indonesia vs Yordania.

Photo :
  • Instagram/@fibawc

Pembangunan Indoor Multifunction Stadium dibangun diatas lahan seluas 30.720 meter persegi. Selain itu juga Stadion tersebut akan memiliki luas bangunan sekitar 20.852 meter persegi dan diperkirakan akan rampung pada tahun depan.

Idrus Marham: Fakta atau Omon-Omon?

Berikut beberapa fakta pembangunan Indoor Multifunction Stadion, seperti dilansir dari instagram Kemenpupr, sebagai berikut:

1. Berlokasi di seberang Hall A Basket Indoor Multifunction Stadium dibangun diatas lahan seluas 30.720. Selain itu juga mampu menampung 16.088 penonton. Jauh lebih banyak dari Istora Senayan yang hanya mampu menampung 7.166 penonton.

2. Bentuk Stadion mengadopsi filosofi keranjang anyaman sebagai representasi semangat gotong royong bangsa Indonesia yang diasari keberagamaan. Namun bersatu membentuk bangsa yang kuat.

3. Dipersiapkan sebagai salah satu venue Piala Dunia Bola Basket 2023 (FIBA), dimana Indonesia menjadi tuan rumah bersama Jepang dan Filipina.

4. Dapat digunakan untuk kebutuhan gelaran olahraga lain seperti Bola Voli, Bulu tangkis dam Ice Hockey, serta untuk kebutuhan non olahraga seperti konser dan konvensi.

5. Memiliki tiga tribun dan Skybox sebagai tribun khusus atau ruang privat eksklusif bagi tamu VIP, VVIP atau tamu kenegaraan untuk menikmati pertandingan.

6. Tribun tier 1 menggunakan sistem teleskopik atau retractable sehingga luas lapangan dapat disesuaikan dengan kebutuhan, sementara tribun tier 2 dan 3 merupakan tribun permanen.

7. Dilengkapi dengan jumbrotron di bagian tengah, pres confrence room, media workroom, coach room, changing room, shower room. lounge, lift dan eskalator.

8. Dibangun dengan konsep bangunan hijau, stadion ini dirancang akan diberi nama Indonesia Arena.

9. Memiliki dua lapangan latihan untuk mengakomodasi keperluan atlet saat melakukan pemanasan atau latihan sebelum pertandingan.

10 Secara kontraktual ditargetkan selesai pada bulan Maret 2023. Namun diharapkan mampu dirampungkan lebih cepat yakni pada bulan Desember 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya