Selamatan dan Doa Bersama Jelang Pembukaan ASEAN Para Games 2022

Menpora dan Gibran gelar selamatan jelang pembukaan ASEAN Para Games 2022
Menpora dan Gibran gelar selamatan jelang pembukaan ASEAN Para Games 2022
Sumber :
  • VIVA/Fajar Sodiq

VIVA Sport– Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali bersama dengan Wali Kota Solo yang juga Ketua Indonesia ASEAN Para Games Organizing Committee (INASPOC) menggelar acara selamatan dan doa bersama menjelang prosesi pembukaan ASEAN Para Games 2022.

Acara selamatan tersebut digelar di Stadion Manahan, Solo pada Kamis malam, 28 Juli 2022. Selain dihadiri Menpora Zainudin Amali dan Ketua INASPOC, ritual selamatan dan doa bersama itu juga diikuti oleh ratusan volunteer dan pengisi acara yang terlibat dalam kegiatan ajang multievent tersebut.

Prosesi selamatan itu diiawali dengan pembacaan doa. Setelah itu dilanjutkan dengan pemotongan nasi tumpeng yang dilakukan Ketua INASPOC, Gibran Rakabuming Raka. Potongan pertama nasi tumpeng yang telah dilengkapi beraneka macam lauk itu selanjutnya diserahkan kepada Zainudin Amali.

Sedangkan potongan nasi tumpeng yang kedua selanjutnya diberikan kepada Chief de Mission (CdM) Kontingen Indonesia ASEAN Para Games, Andi Herman. Kemudian potongan selanjutnya diberikan kepada dalang wayang kulit Ki Purbo Asmoro. Para volunteer maupun pengisi acara upacara pembukaan yang hadir di Stadion Manahan Sol turut serta mencicipi nasi tumpeng.

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali

Photo :
  • Kemenpora

Dalam sambutannya, Menpora Zainudin Amali mengatakan bahwa prosesi upacara pembukaan ASEAN Para Games 2022 hanya tinggal dalam hitungan kurang dari dua hari. Oleh sebab itu, kehadirannya untuk menyaksikan gladi kotor upacara pembukaan pesta olahraga bagi atlet difabel se-Asia Tenggara itu untuk memberikan motivasi.

“Kalian semua ini adalah harapan dari 277,7 juta jiwa rakyat Indonesia. Kalau itu sukses maka bukan hanya sukses buat kita sebagai penyelenggara atau panitia tetapi sukses buat seluruh rakyat Indonesia,” ujar dia yang disambut tepuk tangan dari para volunteer maupun pengisi acara yang hadir.

Ia pun memuji terkait perisapan penyelengaraan ASEAN Para Games yang terbilang sangat singkat tetapi bisa berjalan dengan baik. Bahkan, berdasarkan pemgalaman Indonesia mengelar berbagai acara tingkat internasional selalu mendapatkan pujian dan apresiasi karena keberhasilan menyelenggarakan even tersebut.

“Kata mereka, kalau Indonesia menjadi tuan rumah dan menjadi penyelenggara, mereka sampaikan luar biasa dan mereka sangat menikmati. Jadi itulah Indonesia,” ucapnya bangga di hadapan para volunteer dan pengisi acara pada saat gladi kotor upacara pembukaan ASEAN Para Games di Stadion Manahan Solo.