Legenda Bola Basket Meninggal, Ini Profil Bill Russell

Bill Russell
Sumber :
  • Twitter: TheBillRussell

VIVA Sport - Legenda Basket Dunia, Bill Russell meninggal dunia di usianya 88 tahun. Ia juga merupakan legenda salah satu klub ternama yaitu Boston Celtics, Senin 01 Agustus 2022.

Profil Nasrullo Kabirov, Wasit Kontroversi yang Rugikan Timnas Indonesia U-23

Bill Russell telah mengatakan Boston Celtics merah 11 trofi NBL antara tahun 1956-1965. Ia merupakan pemain basket yang luar biasa pada masa itu. Namun ia sering mengalami rasisme dan pelecehan warna kulit.

Bill Russell memanfaatkan ketenarannya untuk mengkampanyekan kesetaraan sepanjang hidupnya. Khuunya ketika berada d March on Washington pada 1963, ketika Martin Luther King Jr memberikan pidatonya 'I Have a Dream'. Selain itu juga, Bill Russell mendukung ketika petinju, Muhammad Ali mendapatkan hinaan saat menolak untuk wajib militer.

Profil Qatar, Lawan Perdana Timnas Indonesia di Piala Asia U-23

Pada 2011, Bill Russell dianugerahi penghargaan Presidential Medal Of Freedom oleh Barack Obama, penghargaan tersebut merupakan penghargaan paling tertinggi bagi masyarakat sipil di Amerika Serikat.

Profil Melitha Sidabutar, Penyanyi Rohani yang Meninggal Dunia

Berikut profil legenda bola basket dunia, Bill Russell, seperti dilansir dari berbagai sumber, sebagai berikut:

1. Profil Bill Russell

Memiliki nama lengkap William Felton Russell lahir pada 12 Februari 1934. Ia merupakan putra dari Katie dan Charles Russel Selama awal kehidupannya, Bill Russell berjuang dalam hidupnya saat ia menghadapi beberapa tantangan termasuk masalah kesehatan.

Seperti mendapatkan rasisme yang merajalela di Monroe Barat dan keluarganya pun harus bisa melawan masalah tersebut. Kesehatannya juga sangat mempengaruhinya karena ia menderita berbagai penyakit.

Ketika Bill Russell usianya 10 tahun, ayahnya memilih untuk bermigrasi bersama keluarganya ke lokasi baru di mana mereka tidak akan mendapatkan hinaan atau perbuatan rasisme.

Ayah dari Bill Russell memutuskan tinggal di Oakland, California, di lokasi tersebut ayahnya bekerja di sebuah kapal. Namun, keluarga Bill Russell mengalami tantangan besar setelah ibunya meninggal dunia pada tahun 1946. Saat itu, Russell baru berusia 12 tahun.

2. Kehidupan Pribadi

Bill Russell telah menikah tiga kali. Pernikahan pertamanya dengan teman masa kuliahnya yaitu Rose Swisher keduanya telah menjalani hubungan selama 17 tahun dan memiliki tiga orang anak yaitu Karen, Buddha dan Jacob.

Setelah berpisah dengan yang pertama. Bill Russell menikah lagi dengan Dorothy Anstett, namun hubunganya pun hanya bertahan selama tiga tahun. Sementara pernikahan yang ketiganya bersama dengan Marilyn Nault pada 1996 dan harus berakhir pada 2009.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya