Bali Jadi Tuan Rumah Road Bike GFNY Championship Asia 2022

Konferensi pers Gran Fondo New York (GFNY) Championship Asia
Sumber :
  • VIVA/Maha Liarosh

VIVA Sport – Bali terpilih sebagai tuan rumah ajang olah raga Internasional road bike, Gran Fondo New York (GFNY) Championship Asia. GFNY Bali 2022 kembali digelar di Gianyar, Bali, 7 Agustus 2022 mendatang.

Akibat Banjir, Penerbangan Perdana Maskapai Emirates Airbus 380 dengan 592 Penumpang dari Dubai ke Bali Dibatalkan

Target peserta sebanyak 2.000 peserta dari dalam dan luar negeri. Peserta terbaik akan diberangkatkan ke New York, Amerika Serikat untuk mengikuti world championship tahun 2023 mendatang.

Ajang ini digelar yang ke 4 kalinya setelah 7 kali sebelumnya, ajang olah raga Internasional road bike ini dilaksanakan mulai dari yang pertama pada 2016 & 2017 di Lombok dan 2018 di Samosir. GFNY Bali terakhir di gelar pada awal tahun 2020 saat pandemi COVID-19 masuk ke Indonesia.

Melodi Bali Memukau New York: Navicula dan Endah N Rhesa Luncurkan Album "Segara Gunung"

GFNY merupakan Seri Maraton olah raga sepeda berskala Internasional yang diadakan di 19 Negara. Total peserta pertahun sebanyak 30.000 peserta, yang terbagi menjadi kejuaraan regional di beberapa negara berbeda dan kejuaraan dunia di New York.

GFNY Indonesia merupakan bagian dari GFNY World Series yang sudah terselenggara sejak tahun 2016. Jumlah peserta bertambah setiap tahunnya dari 700 menjadi 1.700 peserta baik lokal maupun Internasional.

Health Ministry Warns Dengue Fever to Bali Tourists

Ketua panitia acara GFNY Endra mengatakan, Rute GFNY Bali terbagi menjadi dua, yakni long 137km dan medium 102km yang melewati pesisir pantai dan area gunung. Sementara untuk menambah semaraknya acara akan digelar juga Bike Expo pada tanggal 5-7 Agustus di Gianyar dimana akan ada booth-booth dari berbagai macam industri.

Perhelatan internasional ini diharapkan dapat menggerakan kembali perekonomian dengan hadirnya peserta dari seluruh Indonesia dan mancanegara seperti Malaysia, Singapore, Thailand, Hongkong, Inggris, Perancis, Italia, USA dan beberapa negara lainnya.

Dampak ekonomi yang dapat dihasilkan dengan melibatkan banyak sektor mulai dari penerbangan, industri perhotelan, Usaha Mikro Kecil Menengah lokal termasuk restoran, cinderamata dan UMKM lainnya.

"Besar harapan kami agar GFNY Bali Element Camp 2022 turut serta berperan dalam menstimulus sektor industri pariwisata yang mana kita tetap bisa saling terhubung, saling berbagi, saling belajar, dan saling mendukung pertumbuhan bisnis, serta bersama-sama mengakselerasi pertumbuhan ekonomi melalui sektor pariwisata Indonesia," kata Endra, saat beraudiensi dengan Wakil Gubermur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati, Selasa, 2 Agustus 2022.

Sementara itu Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati, atau yang akrab disapa Cok Ace menyambut baik dipilihnya Bali sebagai tuan rumah ajang olah raga Internasional road bike Gran Fondo New York (GFNY) Championship Asia. Ajang itu menurut Cok Ace sebagai salah satu upaya membangkitkan kembali sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Bali.

Cok Ace meminta panitia melakukan persiapan dengan baik-baiknya termasuk memilih rute yang bagus yang akan dilewati para peserta, baik dilihat dari segi karakteristik wilayah maupun keadaan jalannya.

Selain itu, ia  juga meminta panitia, selain membuka pendaftaran melalui web, juga menggencarkan pengumuman di beberapa titik wilayah wisata di Bali, sehingga dapat diikuti oleh wisatawan yang sedang berlibur di Bali.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya