Indonesia Juara Umum ASEAN Para Games 2022

Atlet para-panahan Indonesia raih emas ASEAN Para Games 2022.
Sumber :
  • VIVA/Fajar Sodiq

VIVA Sport - Indonesia kokoh di puncak perolehan medali ASEAN Para Games 2022 setelah seluruh pertandingan selesai. Dengan keberhasilan tersebut, Indonesia sukses menjadi juara umum pesta olahraga yang diikuti para atlet disabilitas dari negara-negara Asia Tenggara.

Jokowi Hopes Completion of Paralympic Training Center by Year's End

"Dengan berani saya katakan Indonesia telah menjadi juara umum ASEAN Paragames Solo 2022 di Indonesia," kata Chief de Mission (CdM), Andi Herman di Solo, Jumat malam, 5 Agustus 2022.

Alet Indonesia raih emas di ASEAN Para Games 2022

Photo :
  • VIVA/Fajar Sodiq
Atlet Thailand ASEAN Para Games Bunuh Diri Usai Tembak Istri dan Keluarga di Acara Pernikahannya

Menurut Andi, berdasarkan data yang masuk dari liaison officer (LO) di setiap cabang olahraga yang bertugas melaporkan hasil pertandingan bahwa hingga Jumat malam, para atlet Indonesia telah mempersembahkan total 168 emas. 

Sementara berdasarkan pemutakhiran dari website resmi ASEAN Paragames Solo 2022 (www.apg2022.com) pada pukul 22.00 WIB, perolehan medali Indonesia telah menyentuh 171 emas, 138 perak, dan 110 perunggu.

President Jokowi Hands Over Bonus for 2023 ASEAN Para Games

Perolehan Indonesia mendulang emas terakhir dari gelanggang ASEAN Paragames Solo 2022 pada Jumat, terjadi di ajang pararenang, para-atletik, tenis kursi roda, paracatur, parapanahan, parabadminton, dan para-angkat berat. 

Seperti di pararenang yang digelar di kolam renang Jatidiri, Semarang pada hari terakhir, Jumat, 5 Agustus 2022 , para perenang Indonesia sukses menambah perolehan sebanyak 8 medali emas. Hasil tersebut mengkokohkan Indonesia sebagai juara umum di cabang olahraga tersebut dengan torehan 29 medali emas, 31 medali perak, 27 medali perunggu dengan total 87 medali. Torehan ini pun sekaligus melewati target 27 medali emas yang dicanangkan sebelumnya.
 
Tim para-atletik juga berhasil mencatatkan perolehan medali dengan cukup gemilang. Di hari terakhir ini, Indonesia menambah tiga medali emas dari nomor 4x100M T11-T13, universal relay 4x100 M T11-54 dan nomor lompat jauh T47. Perolehan medali Indonesia di arena Para-atletik adalah 57 emas, 41 perak dan 24 perunggu.  Perolehan ini melebihi ekspektasi di mana target semula adalah 35 emas.

Mahkota gelar juara umum juga diperoleh dari cabang olahraga paratenis meja yang berlangsung di Solo Techno Park pada 31 Juli hingga 5 Agustus. Menurut penjelasan Bayu Widhie Hapsara Purba selaku pelatih, anak-anak asuhnya telah mengumpulkan total 27 emas, 16 perak dan 22 perunggu dari 52 nomor yang dipertandingkan hingga hari terakhir kompetisis. Target untuk cabor ini semula hanya 12 emas.

"Kita juara umum, terima kasih doanya dari seluruh masyarakat Indonesia. Padahal tadinya, kita hanya ditargetkan 12 emas, 18 perak, dan 16 perunggu," kata Bayu.

Hari terakhir pertandingan cabor parapanahan di Lapangan Kota Barat, Solo, Jumat, 5 Agustus 2022, tim Indonesia sukses meraih 1 emas, dan 1 perak. Dengan tambahan 2 medali tersebut, secara total “Arjuna dan Srikandi” Merah Putih berhasil membidik 3 emas, 3 perak dan 4 perunggu. Raihan ini pun melampaui target yang dicanangkan yaitu 2 emas dan 2 perak.  

Di cabor Parabadminton hari terakhir ada 12 medali emas yang diperebutkan, dan seluruhnya disapu bersih para atlet Merah-Putih. Secara total kontingen Indonesia mendulang 13 emas, 9 perak dan 8 perunggu. 

Dari angkat berat, satu emas juga jadi penutup perjuangan para lifter Indonesia. Emas didapat dari lifter Tambi yang turun di 80 kg. Secara total di Cabor Para-angkat berat ini, Indonesia juga menyabet gelar juara umum dengan torehan 18 emas dan 6 perak.

Parabadminton persembahkan medali emas ASEAN Para Games 2022

Photo :
  • VIVA/Fajar Sodiq

ASEAN Paragames Solo 2022 diselenggarakan mulai 30 Juli hingga 6 Agustus 2022. Sebanyak 1.248 atlet berkompetisi dalam 924 pertandingan di 14 cabang olahraga. 

"Fakta menariknya adalah, di lima ASEAN Paragames terakhir yang namanya tuan rumah tidak pernah juara umum. Baru kali ini tuan rumah menjadi juara umum. Kita mematahkan mitos tersebut," kata Wakil Sekretaris Jenderal National Paralympic Comittee (NPC) Indonesia Rima Ferdianto.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya