Juara Dunia Karamjit Singh Bakal Beradu Kecepatan di APRC Danau Toba

Ketua IMI Sumut, Harun Mustafa Nasution dan Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah
Ketua IMI Sumut, Harun Mustafa Nasution dan Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah
Sumber :
  • VIVA/B.S. Putra

VIVA Sport – Pembalap Asia pertama sebagai juara dunia Fédération Internationale de l'Automobile (FIA) tahun 2002, Karamjit Singh bakal beradu kecepatan di Pasifik Rally Championship (APRC) Danau Toba 2022, di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, pada 23-25 September 2022.

APRC 2022 akan digelar di lintasan sama, Hutan Tanaman Industri Sektor Nauli, Parapat, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Ajang rally internasional ini, akan lebih seru dan menantang, usai Danau Toba Kejurnas Rally 2022 berhasil dilaksanakan secara sukses oleh Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pusat dan IMI Sumut.

APRC di Danau Toba sudah memenuhi syarat dan mengantongi izin penyelenggaraan dari FIA. Setelah perwakilan FIA melihat pelaksanaan Danau Toba Kejurnas Rally 2022 berjalan dengan baik secara keseluruhannya.

Ketua IMI Sumut, Harun Mustafa Nasution menjelaskan APRC harus disiapkan lebih matang. Karena akan diikuti oleh peserta dari luar Indonesia. Selain dari Malaysia, juga bakal terjun pereli asal India dan Jepang.

"Bakal ada yang turun dari India 1 orang, dari Jepang dan Malaysia juga dikabarkan mantan juara dunia Karamjit Singh turut hadir. Semoga dari negara-negara lain bisa turut hadir,” ucap Harun didampingi Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah di Kota Medan, Senin 8 Agustus 2022. 

Harun mengharapkan bantuan dari Pemerintah Pusat untuk memberikan kemudahan akses bagi pembalap rally dari luar negeri untuk mendatangkan mobil-mobil balap mereka.

"Mudah-mudahan meminta orang itu (pembalap) kemudahan mobil orang itu nyampe (datang dari luar negeri ke Indonesia) dan kembali ke negara-negara orang itu, itu kita perlukan bantuan dari Pemerintah," jelas Harun.

Harun menambahkan untuk peserta Danau Toba Kejurnas Rally 2022 ini. Sudah banyak menyatakan untuk bertarung kembali di APRC. Tidak tanggung-tanggung, sudah menyiapkan mobil baru untuk mengikuti kompetisi mobil adu kecepatan ini.

"Sudah konfirmasi untuk bulan depan dan sudah ada mempersiapkan mobil untuk bulan depan," ucap Harun.

Untuk pembangunan infrastruktur APRC, Harun mengatakan sudah dikerjakan mulai saat ini."Kami akan kerjakan mulai dari sekarang, buat kawan-kawan nanti kedepannya nyaman. Track yang sekarang ini, kami perbaiki dan keseluruhan, untuk rally sudah kita anggap bagus, termasuk track dan lainnya," katanya.

Harun mengungkapkan bahwa di lintasan rally Hutan Tanaman Industri Sektor Nauli, Parapat ini, akan ditambah Special Stage (SS). Sehingga akan memberikan tantangan terbaru dan lintasan berstandar internasional.

"Akan kita tambahkan SS dua di Aek Nauli dan dua di Huta Tonga," tutur Harun.

Harun mengungkapkan pihaknya sudah memenuhi segala persyaratan yang ditetapkan FIA. Sehingga lintas di Danau Toba itu, layak menyelenggarakan APRC 2022.

"Persyaratan APRC sudah cukup, perwakilan dari FIA ada datang dari India di wakili kan sudah sangat senang dia dan sudah sangat mencukupi untuk kita (menyelenggarakan) ke APRC," kata Harun.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sumatera Utara, Musa Rajekshah sebagai peserta di Danau Toba Kejurnas Rally 2022. Ia mengharapkan IMI Sumut sebagai tuan rumah dan pelaksana dapat menambah track terbaik bagi pereli.

"Sebagai peserta, melihat situasi ini untuk menambah lagi kedepannya. Kita harapkan IMI Sumut, pak Harun persiapan track lebih matang lagi. Track sekarang cukup baik dari pada sebelumnya. Kita harapkan ada tambahan-tambahan track baru. Biar dikombinasikan Huta Tonga track yang baru yang menantang lagi," ucap pria akrab disapa Ijeck.