Pengurus Baru KONI Sulsel Diharap Tiru Gebrakan PSM Makassar

Ketum KONI Pusat, Marciano Norman, melantik KONI Sulses 2022-2026
Ketum KONI Pusat, Marciano Norman, melantik KONI Sulses 2022-2026
Sumber :
  • KONI

VIVA Sport – Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Marciano Norman, mengukuhkan dan melantik kepengurusan KONI Provinsi Sulawesi Selatan masa bakti 2022-2026 yang dipimpin oleh Yasir Susanto Machmud, Rabu 10 Agustus 2022, di salah satu hotel di wilayah Makassar.

Usai melantik sekitar 70 pengurus KONI Sulsel, Marciano mengapresiasi prestasi kontingen Sulsel pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2021 di Papua.

Sulsel merupakan provinsi dengan prestasi olahraga terbaik di Pulau Sulawesi. Mereka mengoleksi medali terbanyak di PON XX/2021 di Papua. Kala itu, Sulsel menempati peringkat 11 dengan 11 emas, 13 perak dan 13 perunggu.

“Ini adalah modal yang sangat baik untuk Ketua Umum dan pengurusnya. Saya bangga Pak Gubernur pada saat di Papua (PON XX) juga selalu bertemu saya, itu menunjukkan betapa Pak Gubernur ingin atlet-atlet Sulsel berprestasi,” kata Marciano dalam sambutannya.

Sang Gubernur, Andi Sudirman Sulaiman hadir bersama sang kakak, Andi Amran Sulaiman, yang merupakan Ketua Dewan kehormatan KONI Sulsel yang juga pernah menjabat Menteri Pertanian Kabinet Kerja 2014-2019.

“Dukungan pemerintah daerah harus dibayar dengan prestasi yang membanggakan. Larinya KONI Sulawesi Selatan harus mengikuti larinya PSM Makassar yang baru saja lolos ke final Piala AFC 2022 zona Asia Tenggara,” tambah Marciano.

Selain Ketum KONI Pusat, Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman juga berharap KONI Sulsel bisa membawa olahraga dan atlet untuk semakin bersaing dan mandiri lewat industri.

“Bagaimana kemandirian ini menjadikan olahraga ini industri. Ini kalau tidak menjadi Industri akan menjadi beban semuanya. Kami pemerintah hanya stimulan,” kata Andi Sudirman.

Andi Sudirman juga mengupayakan agar peraih emas PON diberikan apresiasi dua kali lipat dari sebelumnya. Kemudian, atlet Sulsel yang ikut Olimpiade juga diberikan apresiasi, bahkan diberikan rumah. Begitu ambisi Gubernur Sulsel agar olahraga prestasi daerah yang dipimpinnya berlari kencang.

“Terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas amanah kepada saya sebagai Ketum KONI Sulawesi Selatan. Saya tidak ingin organisasi ini berjalan biasa-biasa saja,” tutur Ketua KONI Sulsel terpilih, Yasir Machmud.