KX-1 Kickboxing Championship Kembali DIgelar, Kini dengan Aturan ISKA

KX-1 Kickboxing Championship
Sumber :
  • KX-1 Kickboxing Championship

VIVA Sport – Melihat olahraga beladiri yang semakin menggeliat di Indonesia, kejuaraan kickboxing profesional, KX-1 Kickboxing Championship kembali digelar di Indonesia.

Dulu Atheis, Mantan Atlet Kickboxing Jadi Mualaf dan Sumbang Makanan ke Palestina

Seri ketiga capture pertama ini akan digelar pada Jumat 19 Agustus 2022. Sebanyak 16 petarung kockboxing profesional dari berbagai wilayah di Indonesia akan beradu kuat menjadi yang terbaik.

Mengusung konsep baru, turnamen ini akan dilangsungkan sepekan sekali setiap Jumat malam di New Kaliber Coffee, Tambora, Jakarta Barat.

Kejurda Kickboxing Sumut 2023 Digelar, Hadiah Rp100 Juta Menanti Atlet Berprestasi

Promotor KX-1 Kickboxing Championship, Abdul Rahman, mengatakan kejuaraan ini juga digunakan untuk mencari bibit-bibit atlet kickboxing profesional Indonesia untuk diorbitkan ke pentas internasional.

"Kompetisi KX-1 nantinya akan melahirkan juara-juara terbaik setingkat nasional. Sesuai dengan misi kita nantinya mereka-mereka yang terbaik bisa kita tampilkan di ajang turnamen kickboxing profesional tertinggi seperti K1," ungkap Promotor KX-1 Abdul Rahman dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis 18 Agustus 2022.

Tim Kickboxing DKI Jakarta Perlu Pemusatan Latihan di Belanda Jelang PON 2024

Selain itu, terdapat perubahan pada seri ketiga ini. Pada event terkini, KX-1 telah terafiliasi dengan Asosiasi Kickboxing Internasional, yakni ISKA.

Presiden ISKA Indonesia, Mustadi Aneta, mengaku sangat optimis dengan terselenggaranya turnamen KX-1 yang berjalan rutin tiap minggu ini bakal melahirkan atlet-atlet berkualitas.

Presiden ISKA Indonesia, Mustadi Aneta (kanan)

Photo :
  • KX-1 Kickboxing Championship

"Saya yakin Kickboxing Indonesia akan besar dan banyak melahirkan atlet-atlet profesional yang berkualitas yang di bentuk oleh ISKA melalui event ini," tutur Mustadi Aneta.

Dengan mengacu pada ISKA, aturan yang diterapkan di KX-1 juga akan menyesuaikan dengan aturan internasional. Termasuk, soal aspek keselamatan.

“Masalah keselamatan dan untuk atlet itu yang utama, itulah kenapa event KX-1 ini berada di bawah satu badan organisasi yang sah, yang resmi di bawah ISKA internasional,” kata Mustadi.

“Artinya, ada sesuatu yang diawasi, termasuk pelaksanaan, prosedurnya, maupun keselamatan. Kemudian wasit dan jurinya juga sudah tersertifikasi sehingga dia tahu batasan-batasan dimana membuat pertarungan ini aman,” tambahnya.

KX-1 Kickboxing Championship akan menghadirkan tujuh partai di antaranya kelas 63,5 kg sebagai main event yang menyajikan pertarungan Daniel M. Tahulending vs Dedy F. Lubis.

Lalu, kelas 61 kg (dua event), kelas 53,5 kg, 81,5 kg, 48 kg, dan 65 kg.

Sementara, satu partai sisanya nomor free style boxing kelas 61 kg.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya