Liga Golf Jakarta 2022 Digelar, jadi Upaya Cetak Bibit Pegolf Nasional

Pengprov PGI DKI Jakarta menggelar Liga Golf jakarta 2022
Sumber :
  • VIVA/Pratama Yudha

VIVA Sport – Pengurus Provinsi Persatuan Golf Indonesia (PGI) DKI Jakarta melakukan terobosan besar dengan menggelar Liga Golf Jakarta (LGJ) 2022 yang akan berlangsung mulai 23 Agustus hingga Oktober 2022.

Dukungan Penuh PB PGI untuk Internasional Amateur Golf Championship 2024

Sebanyak 25 klub golf di Jakarta telah memastikan akan mengikuti kompetisi ini. Pertandingan nantinya akan digulirkan di lima padang golf, yakni Jakarta Golf Club, Halim 1, Pangkalan Jati, Royale Jakarta Golf, dan Damai Indah Golf.

Ketua Umum Pengprov PGI DKI Jakarta, Reza Rajasa, mengatakan LGJ 2022 memiliki empat tujuan. Pertama, mempopulerkan kembali iklim pertandingan yang kompetitif untuk pegolf amatir.

Incar Dana Segar Rp 713 Miliar, Intra GolfLink Milik Anak Tommy Soeharto Siap IPO

Kedua, meningkatkan level kompetisi, dari turnamen singkat yang terbatas menjadi kompetisi panjang yang berkesinambungan.

Ketiga, melahirkan bibit-bibit atlet dengan kemampuan menonjol, untuk dibina oleh PGI DKI sebagai cikal bakal atlet-atlet nasional masa depan. Tercermin, dalam aturan LIGA yang mewajibkan klub peserta menampilkan pegolf junior.

Pegolf Muda Indonesia Rayhan dan Elaine Sandingkan Predikat Best Gross Overall

Keempat, memacu klub melakukan inovasi dan pembinaan agar mampu bersaing di liga yang berlangsung dalam waktu panjang.

"Liga Golf Jakarta 2022 ini merupakan jawaban dari aspirasi klub-klub di Jakarta yang mengharapkan adanya kompetisi berkelanjutan untuk klub," kata Reza.

"Selama ini di Indonesia, golf lebih sering mempertandingkan dalam format strokeplay yang bergulir selama satu hingga tiga hari," tambahnya.

Berbicara mengenai atlet junior, Ketua Panitia Pelaksana LGJ, Suharsono, membenarkan bahwa setiap klub diminta untuk setidaknya menurunkan satu atlet junior. Tujuannya, agar misi mencari bibit atlet potensial masa depan bisa terwujud sekaligus menjaga regenerasi terus berjalan.

"Setiap klub ada kewajiban membina pegolf junior. Kami pun membuat peraturan harus menyertakan minimal satu pemain junior di LGJ ini," kata Suharsono dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat 19 Agustus 2022.

"Misalkan ada 100 klub maka akan ada 100 pegolf junior. Sehingga, kita memiliki banyak bibit atlet dan mendapatkan mutiara pegolf yang nantinya diasah menjadi pemain potensial," jelas dia.

Sejatinya, PGI DKI Jakarta sudah menginisiasi LGJ sejak 2020 silam. Sayangnya, ide tersebut harus tertunda selama dua tahun akibat pandemi COVID-19.

Pada LGJ 2022, para peserta akan memperebutkan piala bergilir Piala Menpora serta uang pembinaan yang totalnya mencapai ratusan juta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya